6 Tokoh calon penerima Bakrie Award

Selasa, 7 Agustus 2012 19:14 Reporter : Baiquni
6 Tokoh calon penerima Bakrie Award seno gumira. facebook

Merdeka.com - Penghargaan Bakrie Award (PAB) akan diberikan pada 12 Agustus mendatang di Djakarta Theater. Penghargaan itu merupakan kegiatan tahunan Freedom Institute bersama Grup Bakrie sejak 2003 yang memberi anugerah terhadap pemikir berjasa bagi Indonesia.

Saat ini pihak panitia telah mengantongi enam nama calon penerima penghargaan. Keenam nominator itu akan menerima penghargaan di bidangnya masing-masing. Berikut enam nominator tersebut.

1. Tjia May On, kategori Sains
2. Wiratman Wangsadinata, kategori Teknologi
3. M Dawam Rahardjo, kategori Pemikiran Sosial
4. Sultana MH Faradz, kategori Kedokteran
5. Seno Gumira Ajidarma, kategori Kesusastraan
6. Yogi Ahmad Erlangga, kategori Ilmuwan muda Berprestasi

Sebelumnya, sastrawan senior Seno Gumira Ajidarma menolak anugerah Bakrie Award 2012, meski panitia belum resmi mengumumkan pemenang.

Penolakan Seno mengikuti jejak beberapa pemikir dan sastrawan yang menolak atau mengembalikan penghargaan Bakrie Award dengan alasan berbeda-beda. Romo Franz Magnis Suseno, Daoed Joesoef, Sitor Situmorang, dan Goenawan Mohamad tercatat masuk dalam daftar penolak anugerah ini. Khusus Goenawan, menerima pada tahun 2004, dan baru dikembalikan tahun 2011.

Rohaniwan Katolik Romo Magnis Suseno merupakan tokoh yang pertama kali menolak hadiah dari Bakrie itu pada 2007. Dia mengaku tidak bisa menerima anugerah itu lantaran anak perusahaan tambang Bakrie, Lapindo Brantas di Porong, Sidoarjo, menciptakan semburan lumpur yang menyengsarakan rakyat. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Bakrie Award
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini