55 Kabupaten/Kota Belum Selesaikan Perkada Terkait Covid-19

Kamis, 17 September 2020 10:17 Reporter : Merdeka
55 Kabupaten/Kota Belum Selesaikan Perkada Terkait Covid-19 Pelanggar PSBB dihukum lari. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan, 55 kabupaten/kota masih belum merampungkan susunan peraturan kepala daerah (Perkada) terkait Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 .

"Jadi 55 kabupaten/kota belum menyusun Perkadanya jadi belum melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas Komitmen Mematuhi Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Pilkada," kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar, dalam siaran persnya, Kamis (17/9).

Dia melanjutkan, Kemendagri secara tegas menargetkan seluruh kabupaten/kota harus menyelesaikan Perkadanya paling lambat hari Jumat, 18 september 2020.

"Jadi sisa 2 hari lagi tenggatnya, menyelesaikan Perkada terkait penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19," wanti pria yang juga diamankan sebagai Kepala Pelaksana Harian Tim Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Bahtiar mencatat, saat ini sudah sebanyak 413 kabupaten/kota atau 80 persen yang sudah menyelesaikan. Data tersebut tercatat pada Rabu 16 September 2020, pukul 16.00 WIB.

"Saya pastikan dan dikoordinasikan dan dilakukan atensi khusus dan terus di update apa kendala-kendala dalam penyusunan Perkada. Karena Pilkada ini sebagai alat/instrumen untuk perlawanan terhadap Covid-19," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Berikut daftar 55 kabupaten/kota yang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini