50 Orang Gangguan Jiwa di Medan Divaksinasi Covid-19

Selasa, 29 Juni 2021 16:25 Reporter : Uga Andriansyah
50 Orang Gangguan Jiwa di Medan Divaksinasi Covid-19 Pasien gangguan jiwa di Medan divaksinasi Covid-19. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sedikitnya 50 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Muhammad Ildrem, Kota Medan, Sumatera Utara menjalani vaksinasi Covid-19, Selasa (29/6). Direktur RSJ Ildrem, Ria Telaumbanua mengatakan, vaksinasi terhadap puluhan orang itu merupakan yang pertama kali dilakukan di rumah sakit tersebut.

"Ini tahap masih tahap pertama. Ada sekitar 50 orang yang divaksinasi pada hari ini," kata Ria, Selasa (29/6).

Sebelum divaksinasi, puluhan pasien ODGJ itu telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Para petugas medis juga menyosialisasikan terkait pentingnya vaksinasi Covid-19 terhadap puluhan pasien itu. Vaksinasi Covid-19 itu dilakukan terhadap pasien yang sudah menuju kesembuhan.

"Untuk di RS kami ini tentunya punya prosedur. Tentu sebelum divaksin kami akan periksa kesehatan. Dokter kami akan melakukan screening, mana pasien yang layak divaksin. Kemudian yang kedua, mendapatkan izin dari keluarganya karena kami enggak tahu ada efek sampingnya dan sebagainya dari vaksin. Kita harus antisipasi," jelas Ria.

Lanjutnya, vaksinasi Covid-19 juga akan dilakukan secara bertahap di rumah sakit tersebut. Saat ini ada 300 pasien ODGJ di rumah sakit itu.

"Tentu tidak bisa dilakukan serentak dan memerlukan tahapan dahulu," pungkas Ria. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini