5 Pencuri Spesialis Bobol Sekolah di Siak Diringkus Polisi

Rabu, 21 Oktober 2020 21:18 Reporter : Abdullah Sani
5 Pencuri Spesialis Bobol Sekolah di Siak Diringkus Polisi Ilustrasi borgol. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Tim Reskrim Polres Siak berhasil meringkus kawanan pelaku pencurian barang-barang milik sekolah di Kabupaten Siak, Riau. Ada lima pelaku beserta seorang penadah yang ditangkap.

"Para pelaku yaitu inisal TA (35), IP (32), PY (33), Ir (31) dan IE (32). Lalu seorang penadah, HW (30)," ujar Kasat Reskrim Polres Siak, AKP Noak Aritonang, Rabu (21/10).

Noak menyebutkan, para pelaku bukan warga setempat di Kabupaten Siak. Mereka ditangkap terpisah. Tiga pelaku ditangkap di Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi dan pelaku lain di Rumbai Kota Pekanbaru.

"Ada seorang lagi teman mereka yang masih dikejar, sudah ditetapkan sebagai DPO," kata Noak.

Noak menyampaikan, dari rentang Agustus-September, sudah 5 sekolah di Kabupaten Siak dibobol oleh para pelaku. Kelima sekolah itu yakni SMP Negeri 1 Sungai Mandau, SDN 10 Minas, SMP Negeri 7 Kerinci Kanan, SMAN 1 Pusako dan SMAN 1 Mempura.

"Total kerugian secara keseluruhan sekitar Rp312 Juta lebih. Kerugian dari masing-masing sekolah bervariatif, ada Rp 20 juta, Rp46 juta, Rp137 juta, Rp 15,7 juta dan Rp 92 juta," jelas Noak.

Menurut Noak, para pelaku melancarkan aksinya saat sekolah sedang sepi dan tidak dijaga. Mereka mengambil barang-barang inventaris sekolah seperti speaker wireless, printer, infokus, HP, tablet, keyboard, komputer, CPU dan lainnya.

"Para pelaku dijerat Pasal 363 ayat 1 dan ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," pungkasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pencurian
  3. Siak Sri Indrapura
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini