5 Orang Jadi Tersangka Kerusuhan di Papua

Senin, 30 September 2019 13:13 Reporter : Merdeka
5 Orang Jadi Tersangka Kerusuhan di Papua Ilustrasi pengendara melintasi Kantor Bupati Jayawijaya yang terbakar saat aksi unjuk rasa di Wamena. Antara

Merdeka.com - Pihak kepolisian menetapkan lima orang sebagai tersangka pelaku kerusuhan di Wamena, Papua. Dalam kerusuhan itu 33 orang tewas.

"Dari hasil pemeriksaan, 5 tersangka yang sudah ditetapkan oleh Polres Wamena," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/9/2019).

Menurut Dedi, kelima tersangka itu bukan warga Wamena. Mereka berbaur saat kerusuhan dan turut melakukan perusakan.

"Saat ini fokus aparat keamanan melakukan proses rehabilitasi terhadap fasilitas yang rusak," jelas dia.

Dedi belum merinci peran dari masing-masing tersangka atas kerusuhan di Wamena. Sejauh ini, Polri telah menyampaikan jaminan keamanan bagi masyarakat Wamena melalui kepala suku setempat.

"Insyaallah nanti para pengungsi yang sudah ditampung, ada di Polres Jayapura, ada di Kodim, kemudian di gereja, dan masjid-masjid itu nanti akan berangsur-angsur kalau kondisi psikologisnya cukup baik, akan dikembalikan ke Wamena," Dedi menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini