5 Misteri yang tak terjawab soal hilangnya pesawat MH370

Sabtu, 29 Maret 2014 05:02 Reporter : Yulistyo Pratomo
5 Misteri yang tak terjawab soal hilangnya pesawat MH370 Ilustrasi Malaysia Airlines. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Hilangnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing masih menyimpang ribuan tanda tanya. Pertanyaan itu seakan menjadi misteri yang tidak akan pernah terjawab sejak dinyatakan hilang kontak pada 8 Maret 2014 lalu.

Meski pencarian jejak pesawat nahas tersebut sudah dilakukan 26 negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Indonesia, namun puing-puingnya tidak juga ditemukan. Keluarga korban pun terus berharap agar para penumpang di dalamnya tetap selamat.

Selang beberapa pekan berikutnya, pemerintah Malaysia mengumumkan pesawat berisi 227 penumpang dan 12 awaknya itu jatuh di selatan Samudera Hindia. Dalam pengumuman itu, Perdana Menteri Mohammad Najib bin Tun Haji Abdul Razak menyebut tidak ada satupun yang selama pada kecelakaan tersebut.

Hingga 19 hari sejak dinyatakan hilang, belum ada satupun penjelasan yang menyebutkan mengapa pesawat tersebut mengalami kecelakaan, atau bergeser dari jalurnya. Bahkan, tim investigasi dari seluruh dunia tidak menemukan alasan apapun yang dilakukan seseorang hingga menyebabkan pesawat itu hilang dari pantauan radar sipil maupun militer.

Berikut lima pertanyaan yang tak terjawab soal hilangnya pesawat Malaysia Airlines seperti yang dilansir Majalah The Week asal Inggris:

1 dari 5 halaman

Apa yang terjadi di dalam pesawat?

Ilustrasi Malaysia Airlines. ?2014 Merdeka.com

Sebuah pertanyaan besar yang terekam dalam benak keluarga penumpang adalah kejadian di dalam pesawat sebelum dinyatakan jatuh. Apakah akibat kerusakan sistem, atau aksi pembacakan yang dilakukan, hingga tidak memungkinkan penumpang tahu ada yang salah dalam pesawat yang mereka tumpangi.

Namun, pemerintah Malaysia sendiri menyatakan, pesawat sempat menaikkan ketinggian hingga 45 ribu kaki sebelum jatuh ke 23 ribu kaki. Terkait itu, ahli penerbangan ketinggain tersebut bisa menyebabkan pesawat kekurangan oksigen, kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang tidak sadar atau tewas di udara.

Ini pula yang mungkin menjadi salah satu penyebab pesawat tetap terbang selama beberapa jam hingga berbelok ke arah yang salah, sebab kru di dalam kabin tidak ada yang terdasar.

2 dari 5 halaman

Siapa penanggung jawab di atas pesawat?

Pilot Zaharie Shah. ?istimewa

Hingga kini, tim investigasi belum juga menampik dugaan pembajakan di atas pesawat, maupun kerusakan teknis. Sayang, seluruh bukti-bukti yang didapat untuk menunjukkan kasus hilangnya MH370 itu dilakukan karena perbuatan seseorang berpengetahuan penerbangan tetap tidak ditemukan.

Para ahli menyatakan, para pembajak hanya punya waktu dua menit setelah kopilot melakukan kontak terakhir kepada ATC, sebelum transporder pesawat dimatikan. Tidak sulit untuk membajak pesawat dalam rentang waktu tersebut.

Sementara, kerusakan teknis di dalam pesawat telah memutus sistem komunikasi dan membuat pesawat terbang selama jam berikutnya, diperkirakan dalam keadaan autopilot. Namun para ahli meragukannya.

3 dari 5 halaman

Apa motifnya?

pilot malaysia airlines. ?dailymail.co.uk

Jika pesawat terjatuh, apa motifnya? Inilah pertanyaan yang paling sering diajukan selama berlangsungnya penyelidikan. Tim investigasi saat ini masih berjuang keras untuk menemukan motif tersebut.

Sejak pesawat dinyatakan hilang, polisi tidak menemukan bukti apapun terkait skenario yang dilakukan pilot pesawat. Tidak ada masalah psikologi dan tak terkait dengan kelompok teroris manapun.

Sampai saat ini, polisi Malaysia masih berupaya mengungkap isi simulator penerbangan milik Kapten Zaharie Ahmad Shah. Seorang temannya memberitahukan kepada New Zealand Herald bahwa sang pilot putus asa usai ditinggal istrinya dan menyebutnya 'terbang dalam keadaan pikiran kosong'.

Namun, tidak ada bukti apapun yang mengaitkan Zaharie melakukan tindakan nekat tersebut atas keretakan rumah tangganya. Agen intelijen asing bahkan mengaitkannya dengan mengecek seluruh penumpang dan tak ada satupun yang mencurigakan.

4 dari 5 halaman

Kenapa pesawat berbelok?

Jalur menyimpang pesawat Malaysia Airlines MH370. ?dailymail

Di mata penyidik, menemukan jawaban ini sangat penting. Apalagi, pesawat diduga terjatuh ribuan mil dari rute penerbangan sebenarnya. Salah satunya berada di kawasan terisolasi di dunia.

Lokasi tersebut sangat jauh dari daratan maupun rute penerbangan internasional. Kondisi ini membuat banyak pihak menganggap hilangnya pesawat sangat unik. Alasan mengapa pesawat tiba-tiba berbalik dengan tajam, dalam beberapa jam dan terbang menuju selatan Samudera Hindia adalah sebuah misteri.

Mantan pilot Angkatan Laut Inggris, Simon Mitchell mengatakan kepada Daily Telegraph. Jika memang jatuh di sana, mengapa terbang sangat jauh dan mengapa memilih arah tersebut.

5 dari 5 halaman

Dimana pesawat itu sekarang?

Kemungkinan radius jangkauan pesawat Malaysia Airlines MH370. ?Wall Street Journal

Pencarian kini sudah mencapai 2,4 juta mil laut persegi hingga 469.407 mil laut persegi, dan itupun merupakan area yang sangat luas. Satelit dari berbagai negara telah menemukan 122 objek yang diduga berasal dari pesawat Malaysia Airlines, tapi tidak ada satupun yang terdeteksi dengan telanjang mata oleh tim pencari.

Sebuah terobosan sempat dilakukan tim SAR pada Senin lalu, namun pesawat dan kotak hitam tak juga ditemukan, termasuk 239 orang di dalam pesawat.

Itulah beberapa pertanyaan yang berada di benak para penyelidik, keluarga korban dan warga di seluruh dunia atas hilangnya pesawat Malaysia Airlines. [tyo]

Baca juga:
Ini video Raja Dukun Ibrahim Mat Zin panggil arwah MH370 di laut
Penumpang MH370 masih hidup?
Habibie: Tak ada sabotase, di udara tiba-tiba MH370 ada masalah

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini