5 Lurah cantik se-Indonesia

Jumat, 23 Januari 2015 06:03 Reporter : Yulistyo Pratomo
5 Lurah cantik se-Indonesia Nurmala Hamid Rahmola. ©facebook.com/nurmala.rahmola

Merdeka.com - Keberadaan lurah tentu tak bisa dipisahkan sebagai bagian dari pemerintahannya. Berbeda dengan beberapa jabatan lainnya, posisi ini membuat pemangku jabatannya untuk bisa lebih dekat dengan warga yang dipimpinnya.

Meski hampir sebagian besar jabatan lurah diemban laki-laki,tak sedikit pula perempuan yang ditempatkan di posisi tersebut. Bukti emansipasi sudah mencapai level jabatan di tingkat bawah sudah dipegang wanita.

Tidak sedikit wanita yang menjadi sorotan khalayak, bukan hanya soal kecantikannya, tapi sepak terjangnya sebagai pejabat pemerintah. Tak sedikit pula yang rela berbasah-basah ria saat wilayahnya tertimpa bencana banjir seperti yang dilakukan Anik Sulastri, Lurah Tegal Alur, Jakarta Barat.

Siapa saja kah lurah cantik itu? Berikut daftarnya yang dirangkum merdeka.com:

1 dari 5 halaman

Nurmala Hamid Rahmola

Nurmala Hamid Rahmola. ©facebook.com/nurmala.rahmola

Hanya berselang setahun setelah lulus dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Nurmala Hamid Rahmola langsung diangkat sebagai Lurah Tilihuwa pada 22 Desember 2014.

Nurmala jadi pembicaraan publik saat mengunggah foto sebuah surat pengangkatannya sebagai lurah berdasarkan Surat Keputusan Bupati Gorontalo Nomor: 821.2/BKD-DIKLAT/SK/37/2014 tertanggal 19 Desember 2014 lewat akun Twitternya @ghemallahamid.

Nurmala merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara. Sebelum diangkat menjadi lurah, Nurmala juga pernah bertugas sebagai humas dan protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Gorontalo.

2 dari 5 halaman

Ratna Rahayu Pitriyati

Ratna Rahayu Pitriyati. ©twitter.com/ratnarahayu13

Lurah Sadang Serang Bandung, Ratna Rahayu Pitriaty tengah menjadi sorotan. Saat merdeka.com menemui di kantornya, wanita cantik ini terlihat ramah .

Sejak satu tahun lalu menjabat lurah, kesan aparat negara yang kerap sembrono ingin dia ubah menjadi standar perbankan. Reformasi birokrasi yang diinginkan Ridwan Kamil tidak akan berjalan jika warganya saja komplain karena kelakuan aparatnya.

Kemudian dia menampilkan foto beserta tujuh stafnya yang terpajang di dinding ruangan. itu dimaksudkan agar ketika ada salah satu bawahannya yang berkelakuan tidak baik akan ditegur.

Selama berbincang, Ratna mengaku bingung dengan julukannya, yakni 'lurah cantik'. Meski menjabat sebagai lurah, perempuan lulusan STPDN 2000 ini mengaku tidak pernah meminta baju mahal, namun tetap berupaya tampil sempurna.

"Berpenampilanlah secara keren. Saya tidak minta beli baju mahal. Yang penting rapi, enak dipandang, dan harum. Mari kita ubah citra sembrono. Menjadi image positif di masyarakat," tuturnya.

Ratna mengaku tak ingin ketinggalan demam selfie. Wanita ini terus mengikuti hal-hal yang sedang tren. Tren selfie pun, dia lakukan agar tetap up to date.

3 dari 5 halaman

Yuli Merdekawati

Lurah Cantik Yuli Merdekawati. ©2015 Facebook/Yuli Merdekawati

Lurah Cigadung, Subang, Jawa Barat tiba-tiba menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Bukan hanya karena kinerjanya, tapi foto-fotonya yang banyak bertebaran media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Wanita ini adalah Yuli Merdekawati (38) gaya dan sosoknya membuat banyak orang penasaran terhadap sepak terjangnya. Bahkan, tak hanya sekedar memamerkan aktivitasnya, situs jejaring sosial Facebook juga dipakainya menjadi media komunikasi dengan warganya.

Di tengah kesibukannya sebagai lurah, Yuli ternyata juga aktif di dunia tarik suara. Bahkan, wanita lulusan Universitas Subang dengan IPK 3,8 ini memiliki album berjudul 'Pasundan Nu Kuring'.

Yuli lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah untuk menemui warga atau sejumlah kegiatan lainnya.

Dari foto-foto yang diunggah dalam akun Facebook miliknya, Yuli sangat aktif di berbagai bidang, terutama kesenian dan budaya tradisional. Tak heran, guna mempromosikan tanah kelahirannya, dia sempat membuat video klip yang diambil dari judul albumnya sendiri.

4 dari 5 halaman

Susan Jasmine Zulkifli

Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine Zulkifli. ©2013 merdeka.com/saugy riyandi

Nama Susan Jasmine Zulkifli (43) ramai menjadi perbincangan publik. Sebab, sejumlah warga menggelar demonstrasi menolak Susan menjadi lurah Lenteng Agung.

Susan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kelurahan Senen itu dilantik Jokowi sebagai lurah Lenteng Agung pada Juli 2013 lalu. Wanita lulusan S1 Administrasi Negara Universitas Indonesia mengaku tidak canggung dengan posisi barunya.

Sebagai seorang perempuan, Susan terbilang mandiri. Dirinya menolak menggunakan jasa sopir untuk bertolak dari rumahnya yang berada di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat menuju kantor.

"Saya nyetir sendiri ke kantor. Pakai mobil operasional," pungkasnya.

5 dari 5 halaman

Anik Sulastri

Anik Sulastri. ©barat.jakarta.go.id

Musibah banjir yang menimpa Kelurahan Tegalalur, Kalideres, Jakarta Barat membuat nama Anik Sulastri ramai dibicarakan khalayak. Dia rela berbasah-basahan dengan warganya dan terjun langsung menyelesaikan masalah di lapangan.

Anik diangkat sebagai lurah setelah berhasil melalui hasil lelang jabatan ala Jokowi Ahok bulan Juni 2013.

Wilayah yang dipimpinnya terbilang cukup luas, di mana wilayah Tegal Alur memiliki luas hingga 4.00 km persegi. Dan membawahi 9,349 Keluarga (KK), yang tinggal di8 149 RT dan 14 RW. [dan]

Baca juga:
Ini sosok lurah cantik dan nyentrik asal Subang
Kisah dua lurah yang ikut roketkan nama Jokowi
Ratnarahayu, lurah cantik yang ngefans berat dengan Ariel NOAH
Ditanya soal jilboobs, lurah cantik ini merasa miris
Ratna Rahayu, lurah cantik Garut yang demen selfie
Lurah cantik di Bandung mengaku terinspirasi kepemimpinan Risma

Topik berita Terkait:
  1. Lurah Cantik
  2. Top List
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini