5 Maestro dalang nusantara yang mendunia

Selasa, 1 April 2014 07:01 Reporter : Agib Tanjung, Hery H Winarno
5 Maestro dalang nusantara yang mendunia Wayang. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia adalah bangsa yang mempunyai ragam kebudayaan. Dari berbagai budaya itu salah satunya adalah seni boneka wayang.

Sejak zaman dulu, seni pertunjukan boneka ini memang paling populer di Jawa dan Bali. Namun beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

Wayang pun sangat bermacam-macam jenisnya. Seperti wayang kulit, wayang kayu, wayang orang, wayang rumput, dan wayang motekar. Indonesia pun boleh berbangga hati sebab UNESCO telah memasukkan seni wayang ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sejak 2003 silam.

Nah, berbicara tentang wayang tak akan lengkap jika tak membahas tentang dalangnya. Dalam dunia pewayangan, dalang disebut sebagai seseorang yang memiliki keahlian khusus memainkan boneka wayang. Mereka harus mampu 'ndalang' wayang saat pertunjukan.

Keahlian ndalang itu biasanya diperoleh dari bakat turun-temurun leluhurnya. Seorang anak dalang akan bisa mendalang tanpa belajar secara formal. Dia akan mengikuti ayahnya selagi mendalang dengan membantu membawakan peralatan, menata panggung, mengatur wayang (nyimping), menjadi pengrawit, atau duduk di belakang ayahnya untuk membantu mempersiapkan wayang yang akan dimainkan.

Berikut beberapa dalang wayang legendaris Indonesia yang namanya sudah mendunia:

Topik berita Terkait:
  1. Wayang
  2. Top List
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini