48 Terduga Teroris Diamankan, Polri Sebut 45 Terkait JI dan 3 Jaringan Medsos JAD

Senin, 16 Agustus 2021 15:52 Reporter : Nur Habibie
48 Terduga Teroris Diamankan, Polri Sebut 45 Terkait JI dan 3 Jaringan Medsos JAD Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan. ©Antara

Merdeka.com - Detasmen Khusus (Densus) 88 Antiteror telah mengamankan 48 orang terduga teroris di berbagai wilayah Indonesia. Puluhan orang yang diamankan itu sejak 12-15 Agustus 2021.

"Berdasarkan data yang dihimpun mulai Kamis, 12 Agustus sampai dengan Minggu, 15 Agustus 2021, Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap sebanyak 48 tersangka teroris di 11 wilayah di Indonesia," kata Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat konpers secara virtual, Senin (16/8).

Ramadhan menjelaskan, dari 48 orang terduga teroris yang diamankan itu. Tiga diantaranya tergabung dalam kelompok jaringan media sosial Jamaah Ansharut Daulat (JAD) dan 45 orang lainnya tergabung dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Ramadhan menyebut, 45 orang yang diamankan itu yakni DW, HM dan IL yang diamankan di Jambi, AR, SH, IG, SG, FW, JS dan AS di Lampung, AF, ML, RJ, AS dan MD di Banten, MM, WM, FA, BB, NP, MD, LS, KT, DS, dan FS di Jawa Tengah, NS, kedua HP di Sulsel dan satu orang berinisial MD di Kalimantan Barat.

"JI 1 di wilayah Sumut ada 7 target yang akan dilakukan Gakkum dan telah berhasil ditangkap sebanyak 6 tersangka. Sehingga sisanya 1 tersangka masih dalam pengejaran, 6 tersangka tersebut berinisial RS, IH, AK, RA, HA, dan DY," sebutnya.

"Di wilayah Jawa Barat, ada 6 target. 5 berhasil ditangkap dan 1 masih dalam pengejaran, pertama FS, US, RH, RS, HM. Di wilayah Jawa Timur, ada 6 target, ada empat yang ditangkap dan 2 masih dalam pengejaran, yang pertama FM, ADP, SES, DAN AP. Di wilayah Maluku ada 2 target yang tertangkap 1 tersangka dan 1 masih dalam pengejaran, yang ditangkap atas nama TE," sambungnya.

Selanjutnya, untuk tiga orang yang tergabung dalam jaringan media sosial JAD di Kalimantan Timur yang telah diamankan yakni WS, RW dan SU.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri telah menangkap 7 terduga teroris lagi di sejumlah wilayah. Sehingga, total yang sudah ditangkap sebanyak 48 orang.

"Ada penambahan 7 orang. Iya (total) kata Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (16/8).

Ia menjelaskan, mereka yang diamankan itu diduga berasal dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur.

Dirinya menyebut, tujuh orang yang diamankan itu yakni empat orang di Jawa Timur, satu orang di Sumatera Utara, satu orang di Kalimantan Timur dan satu orang di Sulawesi Selatan.

"Yang 7 tadi, Sumut nambah 1, Kaltim nambah 1, Jatim nambah 4, Sulsel nambah 1. Jadi 7 (orang)," sebutnya.

Diketahui, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap tiga teroris, seorang di Banten dan dua orang di Jawa Barat.

"Tambahan hari ini ditangkap di Banten satu orang dan Jabar tiga orang," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Minggu. Seperti dilansir Antara.

Ramadhan menyebutkan adanya penambahan ini sehingga total terduga teroris yang ditangkap oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri dalam operasi pencegahan dan penindakan teroris sejak Kamis (12/8) hingga Sabtu (14/8) di 10 provinsi bertambah dari 37 orang menjadi 41 orang.

"Jadi, totalnya ada 41 orang ya," kata Ramadhan. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini