48 Penerbit meriahkan Solo Book Fair, diskon buku minimal 30 persen

Rabu, 27 April 2016 17:32 Reporter : Arie Sunaryo
48 Penerbit meriahkan Solo Book Fair, diskon buku minimal 30 persen Book Fair. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Minat baca masyarakat Indonesia yang sangat rendah khususnya di kalangan muda, mendorong puluhan penerbit di Kota Solo menggelar acara Solo Book Fair. Acara yang akan dihelat selama sepekan mulai 3 Mei mendatang di Benteng Vastenburg,
tersebut, menyediakan buku-buku bacaan dang pengetahuan dengan harga murah.

Ketua Dewan Pertimbangan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Tengah (Jateng) Tommy Utomo Putro mengatakan, Solo Book Fair akan diikuti 48 penerbit buku. Panitia akan memberikan diskon minimal 30 persen selama acara.

"Solo Book Fair ini kami adakan untuk mendongkrak minat baca masyarakat yang sangat rendah, dan menempati peringkat kedua dari bawah di dunia," ujar Tommy, Rabu (27/4).

Selain mendongkrak minat baca, kata Tommy, pihaknya juga berusaha untuk tetap bertahan menyusul anjloknya permintaan buku pelajaran. Kondisi pasang surut terjadi setelah pemerintah menerapkan kebijakan buku sekolah elektronik (BSE).

"Pembukaan Solo Book Fair akan dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan. Sebelumnya terlebih dahulu akan digelar pra-event di area Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (1/5) nanti. Para penerbit rencananya akan membagikan ribuan buku gratis yang hadir di CFD di depan Plaza Sriwedari," pungkasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Pendidikan
  2. Surakarta
  3. Dunia Buku
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini