48 Calon Jemaah Haji di Kota Medan Tarik Setoran BPIH

Jumat, 11 Juni 2021 18:00 Reporter : Uga Andriansyah
48 Calon Jemaah Haji di Kota Medan Tarik Setoran BPIH Ibadah Umrah di Masjidil Haram. ©2021 Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Sedikitnya 48 calon jemaah haji asal Kota Medan melakukan penarikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) usai pemerintah memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.

"Sejak Menteri Agama mengumumkan sepekan yang lalu itu yang mengambil dana haji sebanyak 48 jemaah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Impun Siregar, Jumat (11/6).

Menurut catatan Kementerian Agama Kota Medan sejak Januari hingga 9 Juni 2021 sebanyak 289 orang telah melakukan penarikan sebagian uang setoran BPIH. Kata Impun, pihaknya tidak bisa menghalangi calon jemaah haji untuk mengambil dananya.

Namun, Kementerian Agama Kota Medan mengingatkan kepada calon jemaah haji yang telah menarik dana BPIH maka antrean hajinya bisa hilang bahkan harus mengulang dari awal.

"Tapi kalau hanya (biaya) pelunasan saja yang diambil itu masih bisa berangkat. Silakan saja jemaah yang memilih," ujar Impun.

Adapun 48 calon jemaah haji yang menarik seluruh dana setoran BPIH memiliki alasan beragam.

"Mulai dari kondisi kesehatan, ekonomi di mana pandemi Covid-19 ini perekonomian mereka anjlok. Ada juga faktor usia," ungkap Impun.

Masih kata Impun, Kementerian Agama Kota Medan tetap akan melayani calon jemaah haji yang melakukan penarikan dananya. Calon jemaah haji yang berencana melakukan penarikan dana, akan segera diusulkan ke pusat.

"Uangnya semua itu dikembalikan tidak ada pemotongan dan langsung kita usulkan ke Jakarta, kantor pusat akan mengirimkan dana itu ke rekening jemaah," pungkas Impun. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Haji 2021
  3. Haji
  4. Dana Haji
  5. Medan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini