43 Laporan Dugaan Korupsi di Sumbar Sepanjang Januari-Juni 2021

Selasa, 14 September 2021 13:33 Reporter : Ikhwan
43 Laporan Dugaan Korupsi di Sumbar Sepanjang Januari-Juni 2021 ilustrasi korupsi. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan sepanjang semester I tahun 2021, terdapat 43 laporan dugaan korupsi di Sumatera Barat (Sumbar) yang disampaikan masyarakat ke lembaga anti rasuah tersebut.

Direktur Pembinaan Peran serta Masyarakat, Brigjen Pol Kumbul KS mengatakan, 43 laporan itu merupakan aduan atau yang disampaikan oleh masyarakat ke KPK. Namun laporan itu masih jauh untuk ditindaklanjuti, lantaran bersifat laporan dan terkadang bersifat surat kaleng.

“Laporan itu (dugaan korupsi) kualitasnya masih jauh untuk (kita) tindaklanjuti, diantaranya, karena (masih) bersifat laporan, masih berupa surat kaleng,” kata Kumbul usai Bimtek Pemberantasan Korupsi di Aula BPSDM Sumbar, Kota Padang, Selasa (14/9).

Dia mengatakan, untuk itu pihaknya menggelar Bimtek bersama Pemprov Sumbar agar laporan yang disampaikan masyarakat dapat lebih baik.

“Bimtek ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kejahatan korupsi, dampak dan permasalahannya. Termasuk meningkatkan keberanian masyarakat untuk melawan dan melapor korupsi,” kata Kumbul.

Menurutnya, kualitas laporan yang baik, dapat menghindari fitnah nantinya.

“Laporan korupsi ke KPK itu harus jelas siapa pelakunya, modusnya apa, dugaan kerugiannya apa, siapa saja yang terlibat dan bukti pendukung. Bukan hanya sekedar orang melapor,” sebut Kumbul.

Dia mengatakan, jika seharusnya pelapor yang melaporkan laporan dugaan korupsi ke KPK, seharusnya diam, bukan malah berkoar-koar usai melapor.

“Itu (berkoar-koar) tidak (kita) harapkan. Biar kami berproses, karena KPK menjaga kerahasiaan, masyarakat (pun) juga menjaga kerahasiaan. Itulah yang kita berikan pemahaman,” pungkas Kumbul. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. KPK
  3. Kasus Korupsi
  4. Padang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini