400 Polisi di Solo Jalani Rapid Test Jelang Pencoblosan Pilkada

Kamis, 3 Desember 2020 11:00 Reporter : Arie Sunaryo
400 Polisi di Solo Jalani Rapid Test Jelang Pencoblosan Pilkada Rapid test antigen di Polresta Surakarta. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Kota Solo termasuk di antara 270 daerah yang akan menggelar Pilkada pada 9 Desember. Jelang hari H, 400 personel polisi yang akan mengamankan pencoblosan jalani rapid test.

Kapolresta Surakarta Kombes.Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari komitmen Polri untuk memberikan jaminan bahwa seluruh petugas keamanan dalam pengamanan TPS harus dinyatakan sehat bebas dari covid-19.

"Ada 400 anggota yang kita tes selama 2 hari. Hari pertama kemarin ada 160 dan hari ini sisanya," ujar Ade, Kamis (3/12).

Menurut Ade, pada tahap 1 pelaksanaan rapid swab antigen terhadap 160 anggota semua dinyatakan non reaktif atau negatif.

"Tes swab ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan sekaligus merupakan komitmen Polri untuk menjamin seluruh petugas pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan TPS dalam keadaan sehat dan bebas dari Covid-19," ucap Ade Safri.

rapid test antigen di polresta surakarta
©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Ade menambahkan, mulai dari penyelenggara, pengawas dan unsur pengamanan dalam Pilkada berkomitmen untuk mewujudkan Pilkada Solo yang aman, damai, sejuk dan tentunya sehat.

Dia menambahkan, dari 400 orang personel Polresta Surakarta yang dilakukan tes adalah personel yang nantinya akan melaksanakan pengamanan pemungutan suara pada Pilkada serentak tahun 2020. Dimana di dalam pelaksanaan pengamanan pemungutan suara nantinya personel juga harus menerapkan protokol kesehatan di TPS tempat personel bertugas. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini