4 Negara di Asia Tenggara dengan kekuatan Angkatan Udara terlemah

Kamis, 8 September 2016 09:02 Reporter : Yulistyo Pratomo
4 Negara di Asia Tenggara dengan kekuatan Angkatan Udara terlemah AU Kamboja. ©2016 istimewa

Merdeka.com - Di samping kekuatan darat dan laut, angkatan udara juga memiliki peran penting dalam hasil akhir dari sebuah pertempuran. Lewat udara, militer sebuah negara bisa menjangkau area yang sulit ditembus pasukan darat, entah akibat medan yang sulit dilalui atau kuatnya perlawanan dari musuh.

Sejak Perang Dunia Pertama, keberadaan angkatan udara banyak menyumbangkan hasil gemilang dalam menggebuk perlawanan musuh. Rentetan tembakan dari udara membuat lawan ketar ketir, pasukan darat pun bisa meraih kemenangan dengan mudah tanpa harus mengorbankan banyak nyawa.

Amerika Serikat, Singapura bahkan Indonesia terus berupaya memperbaharui armada udaranya masing-masing, dengan membeli teknologi terbaru. TNI AU sendiri sudah mengincar Sukhoi Su-35 dari Rusia, Malaysia sedang melirik Eurofighter untuk memperkuat pertahanan udaranya.

Di upaya pembelian besar-besaran, rupanya masih ada beberapa Angkatan Udara di Asia Tenggara yang tak memiliki pesawat tempur. Mirisnya, pesawat-pesawat yang dimiliki usianya sudah cukup tua, dan kebanyakan dipakai untuk transportasi.

Berikut beberapa negara di Asia Tenggara dengan kekuatan udara terlemah yang dirangkum merdeka.com:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini