4 Kota dikenal paling panas di Indonesia, suhunya di atas rata-rata

Jumat, 13 Juli 2018 06:33 Reporter : Desi Aditia Ningrum
4 Kota dikenal paling panas di Indonesia, suhunya di atas rata-rata kemacetan parah di ruas Tol Cikampek. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Indonesia masuk dalam negara yang beriklim tropis. Hampir sebagian wilayah Indonesia memiliki suhu panas. Namun ada beberapa kota dikenal sebagai kota paling panas, khususnya wilayah Jawa dan kawasan Indonesia bagian selatan.

Hal ini lantaran suhu muka laut yang berada di Laut Jawa tak terlalu hangat sehingga pembentukan awan hujan sedikit. Berikut adalah 4 kota dikenal paling panas.

1 dari 4 halaman

Bima, NTB

Matahari. © Wallpapers-junction.com

Kota Bima yang terletak di Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah yang dikenal cukup panas. Di kota ini matahari bersinar terik sepanjang musim dengan intensitas penyinaran mencapai 39 derajat celsius.

Dengan suhu yang cukup tinggi tersebut, Kota Bima dinobatkan sebagai kota terpanas di tahun 2014. Secara umum kondisi tanah di Kota Bima didominasi oleh gunung batu, hal ini menyebabkan rata-rata masyarakatnya bertani dengan menanam jagung dan tanaman keras lainnya.

2 dari 4 halaman

Bekasi

Gedung Pemkot Bekasi. ©2017 merdeka.com/adi nugroho

Salah satu kota yang dikenal sebagai kota paling panas ialah Bekasi, Jawa Barat. Suhu di kota tersebut cukup tinggi bisa mencapai 35 derajat celsius.

Panasnya Kota Bekasi ini dipengaruhi oleh tata guna lahan yang meningkat terutama industri, perdagangan dan permukiman.

3 dari 4 halaman

Pekanbaru

Ilustrasi cuaca panas. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pakhnyushcha

Pekanbaru termasuk sebagai kota paling panas. Suhu maksimum di kota bergelar Kota Bertuah ini hingga 36 derajat celsius pada siang hari.

Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera, dan termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi.

4 dari 4 halaman

Medan

Ilustrasi cuaca panas. ©2012 Shutterstock/VladisChern

Di Provinsi Sumatera Utara, kota yang dikenal panas adalah Medan. Suhu di kota ini berkisar 30- 35 derajat celsius pada siang hari. Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen, Medan memiliki iklim hutan hujan tropis dengan musim kemarau yang tidak jelas. [has]

Baca juga:
Ombak besar di China akibat Topan Maria
Perubahan cuaca ekstrem sebabkan ribuan ikan mati di Vietnam
Diterjang angin kencang, payung di Masjid Raya Baiturrahman sobek
Waspada, cuaca ekstrem di Medan diperkirakan hingga 3 hari ke depan
Temperatur rendah di Neglasari Bandung bikin daun beku
Suhu Indonesia dingin karena fenomena Aphelion?
Tinggi gelombang maksimum selatan Jateng-DIY hari ini capai 6 meter

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini