4 Kesulitan cari MH370, dari seluas papan catur ke lapangan bola

Senin, 17 Maret 2014 07:01 Reporter : Agib Tanjung
4 Kesulitan cari MH370, dari seluas papan catur ke lapangan bola Ilustrasi Malaysia Airlines. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Pesawat Malaysia Airlines MH370 memang sungguh misterius. Keberadaannya hingga kini masih menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat dunia.

Setelah sempat lepas landas mengangkut 239 penumpang pada Sabtu (8/3) lalu, pesawat ini dinyatakan hilang. Banyak spekulasi dari berbagai pihak tentang raibnya pesawat ini. Namun beberapa analisa yang dikeluarkan juga belum bisa dibuktikan secara kuat.

Pesawat dengan rute Kuala Lumpur-Beijing itu sudah sepekan hilang. Ini dapat diartikan betapa sulitnya mencari pesawat itu. Padahal beberapa negara dunia lainnya juga telah membantu mengerahkan teknologi canggihnya.

Berikut beberapa kesulitan pencarian Malaysia Airlines MH370 yang dirangkum merdeka.com:

1 dari 4 halaman

Jika dibajak, MH370 tetap bisa mendarat di 634 landasan pacu?

Malaysia Airlines hilang. ?istimewa

Dikutip dari straitstimes.com, seorang sumber di Inggris melaporkan, dengan bahan bakar cukup pesawat yang hilang (MH370) bisa terbang ke mana saja, misalnya dari Pakistan ke Australia Barat dan bila benar dibajak pesawat itu juga bisa mendarat di 634 landasan pacu.

Hal ini didasarkan pada peta dari WNYC, situs non-profit, non-komersial. Menurut WNYC, pesawat yang hilang (MH370) bisa mendarat di 634 landasan pacu di 26 negara berbeda.

"Data dari X-Plane menunjukkan titik koordinat landasan pacu di seluruh dunia. Dikutip dari catatan seorang pilot Boeing 777 yang memperkirakan panjang landasan pacu mencapai 5.000 meter. Sebuah artikel Wall Street Journal baru-baru ini mengutip sumber-sumber yang menyatakan penerbangan bisa dilanjutkan selama 2.200 mil laut dari posisi terakhir yang diketahui," kata WNYC .

WNY menambahkan, "Data dari Tim WNYC menemukan 634 landasan pacu yang memenuhi kriteria ini, tersebar di 26 negara yang berbeda, termasuk tempat yang jauh seperti: Gan Airport (Maladewa), Dalanzadgad Airport (Mongolia), Yap Airport (Micronesia), Miyazaki Airport (Jepang)."

2 dari 4 halaman

Pencarian MH370 diperluas ke perbatasan Kazakhstan-Turkmenistan

Jalur menyimpang pesawat Malaysia Airlines MH370. ?dailymail

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak hari ini mengatakan para penyelidik kini memfokuskan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 ke dua jalur penerbangan.

"Para penyelidik kini memperluas pencarian ke dua koridor penerbangan, termasuk perbatasan Kazakhstan-Turkmenistan dan perairan Indonesia hingga selatan India," kata Najib, dalam jumpa pers di Kuala Lumpur, seperti dilansir BBC, Sabtu (15/3).

Najib juga menuturkan pihak berwenang Malaysia kini sedang menyelidiki latar belakang pilot dan keluarganya serta para penumpang.

"Bukti-bukti menunjukkan seseorang di dalam pesawat mematikan sistem komunikasi."

Meski sejumlah media menyebutkan pesawat berpenumpang 239 orang tujuan Beijing itu telah dibajak namun pihak berwenang Malaysia masih menyelidiki berbagai kemungkinan.

3 dari 4 halaman

Pencarian lintasi 11 perbatasan dan libatkan puluhan negara

lokasi diduga puing Malaysia Airlines. Dailymail

Pemangku Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 semakin sulit karena melintasi 11 perbatasan dan melibatkan lebih banyak negara.

"Negara yang terlibat dalam pencarian bertambah dari 14 negara menjadi 25 negara," kata Hishammuddin dalam jumpa pers di Hotel Sama Sama KLIA, Sepang, Minggu.

Malaysia sudah menghubungi negara-negara yang berada di dua koridor yang diduga dilintasi oleh pesawat yang hilang sejak Sabtu (8/3) untuk meminta bantuan, termasuk Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Turkmenistan, Pakistan, Bangladesh, India, China, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, Indonesia, Australia.

"Kami juga sudah memberikan penjelasan kepada 22 perwakilan negara di kedua koridor itu," katanya.

Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak juga telah berbicara dengan pemimpin India, Bangladesh dan Turkmenistan untuk meminta mereka membantu dalam pencarian yang diperluas, kata Hishamuddin.

4 dari 4 halaman

Operasi multinasional

Ilustrasi Malaysia Airlines. ?2014 Merdeka.com

Operasi pencarian dan penyelamatan pesawat yang hilang sejak Sabtu (8/3) itu kini merupakan kategori operasi multinasional yang dipimpin oleh Malaysia.

Pihak berwenang di Malaysia saat ini masih berdiskusi dengan semua negara yang terlibat dalam operasi mengenai langkah terbaik untuk mengirimkan armada ke dua koridor tersebut.

"Malaysia meminta bantuan beberapa negara dalam pencarian pesawat itu, termasuk untuk menyediakan data dan analisa satelit, pencarian darat, data radar, serta bantuan armada laut dan udara," kata pernyataan tersebut. [dan]

Baca juga:
Andai dibajak, MH370 bisa mendarat di 634 landasan pacu ini
Malaysia periksa mekanik terakhir berkomunikasi dengan MH370
Simpang siur sebab MH370 hilang picu ketegangan China-Malaysia
Pembajak Malaysia Airlines bukan orang sembarangan
Tahun lalu pilot MH370 kampanye untuk partai oposisi Malaysia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini