4 Bangunan di Samarinda Terbakar saat Lebaran, Api Diduga dari Dapur Warga

Kamis, 13 Mei 2021 22:00 Reporter : Saud Rosadi
4 Bangunan di Samarinda Terbakar saat Lebaran, Api Diduga dari Dapur Warga Kebakaran di permukiman padat Samarinda, Kamis (13/5)./Istimewa

Merdeka.com - Empat bangunan di Jalan Lambung Mangkurat Gang 3 RT 25 Samarinda, Kalimantan Timur, hangus terbakar di hari pertama Idulfitri, Kamis (13/5) petang. Api diduga berawal dari dapur yang ditinggal pemiliknya main ponsel.

Kobaran api di tengah permukiman padat penduduk itu terjadi sekitar pukul 17.30 Wita. Kepanikan langsung terjadi.

Sedikitnya 13 unit mobil pemadam dari 5 posko Dinas Damkar Samarinda dan satuan PMK swasta dikerahkan ke lokasi kebakaran. Mereka didukung relawan dan petugas gabungan.

"Satu jam kemudian api berhasil dipadamkan. Atau sekitar jam 8.30 malam ini tadi," kata Humas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Hery Suhendra saat dikonfirmasi merdeka.com.

Setelah api dipadamkan, bangunan terdampak pun diinventarisasi. Hery mengatakan terdapat empat bangunan yang terbakar, terdiri dari 3 rumah dua lantai, dan satu lagi bangunan tunggal. Akibatnya, 3 keluarga sekitar 12 jiwa jadi korban untuk sementara kehilangan tempat tinggal.

"Tidak ada korban luka maupun meninggal. Dugaan sementara api berasal dari salah satu dapur rumah warga yang lagi memanasi makanan dan ditinggal main handphone. Sementara korban terdampak 3 KK (kepala keluarga) atau sekitar 12 jiwa," ujar Hery.

"Minimnya sumber air, akses jalan sempit dan mayoritas bangunan terdampak terbuat dari kayu, sempat jadi kendala tim di lapangan," tambah Hery.

Salah seorang koordinator relawan Info Taruna Samarinda (ITS), Joko Iswanto juga mengatakan, sumber api diduga berasal dari dapur salah satu warga yang ditinggal bermain handphone. "Namun penyebab pasti dalam penyelidikan kepolisian," sebut Joko. [yan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kebakaran
  3. Lebaran 2021
  4. Samarinda
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini