32 Terduga Teroris Ditangkap Buntut Bom Bunuh Diri di Makassar

Kamis, 1 April 2021 17:29 Reporter : Nur Habibie
32 Terduga Teroris Ditangkap Buntut Bom Bunuh Diri di Makassar Polisi Sisir Lokasi Usai Ledakan di Gereja Katedral Makassar. ©2021 AFP/INDRA ABRIYANTO

Merdeka.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror kembali menangkap dua terduga teroris di Jakarta. Sehingga, total terduga teroris yang diamankan hingga hari ini di Jakarta berjumlah tujuh orang.

Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan, penangkapan terhadap keduanya itu dilakukan pascabom bunuh diri yang terjadi Gereja Katedral Kota Makassar pada Minggu (26/3) kemarin.

"Untuk penahanan lain di NTB tetap 5, di Jatim ada 2 yang diamankan, di Jakarta sudah 7 yang Condet dan Bekasi. Sekarang jumlahnya sudah 7 yang diamankan Densus 88, dan tentunya kasus-kasus akan terus dikembangkan diusut tuntas. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu bagian bagaimana masalah terorisme di tanah air bisa ditangani," kata Rusdi di Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (1/4).

Namun, Rusdi belum bisa menyebut termasuk pada jaringan mana tujuh terduga teroris yang sudah ditangkap di Jakarta dan sekitarnya.

"Ini belum diketahui untuk Jakarta jaringan mana, masih didalami oleh Densus. Nanti apabila sudah tuntas tugas Densus, rekan-rekan akan tahu ini jaringan mana dan jaringan mana," ungkapnya.

Lalu, untuk di Makassar sendiri. Sudah sebanyak 18 terduga teroris yang diamankan pasca kejadian bom bunuh diri. Mereka yang diamankan tersebut, termasuk dalam kelompok Villa Mutiara.

Sehingga, total secara keseluruhan yang sudah diamankan pascabom bunuh diri di Gereja Katedral Kota Makassar berjumlah 32 orang.

"Telah diamankan sampai siang hari ini 18 yang diduga terlibat di dalam kasus Gereja Katedral di Makassar, khususnya ini kelompok Villa Mutiara. Sudah 18 dan salah satu otak pembuat bom yang digunakan untuk meledakkan saudara W ini laki-laki telah turut diamankan. Kasus tetap dikembangkan terus, diusut. Sehingga betul-betul kelompok Villa Mutiara ini bisa dituntaskan," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini