3.105 Peserta mudik gratis Kemenhub asal Solo dipulangkan ke Jakarta

Jumat, 22 Juni 2018 12:02 Reporter : Arie Sunaryo
3.105 Peserta mudik gratis Kemenhub asal Solo dipulangkan ke Jakarta Mudik gratis Kemenhub dipulangkan ke TMII Jakarta. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - 3.105 Peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub), hari ini dilepas kembali ke Jakarta. Ribuan warga Solo dan kota sekitar tersebut diangkut dengan 69 bus pariwisata dari terminal tipe A Tirtonadi Solo, Jumat (22/6).

Mereka akan diturunkan di Taman Mini Indonesia Indah, dan melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing dengan sepeda motor yang sebelumnya telah dikirim dengan truk dari Terminal Tirtonadi Solo. Ribuan peserta ini telah berdatangan sejak Jumat pagi dengan membawa tiket berupa kartu dengan barcode. Kartu ini selanjutnya dicek oleh petugas terminal.

Di dalam bus, petugas sudah menyiapkan kotak kardus kecil berisi makanan. Salah satu peserta mudik gratis Ferry Ariawan (29) mengaku senang bisa ikut program Kemenhub tersebut. Karena tahun lalu, pria asli Solo yang bekerja di Jakarta mengaku tidak kebagian kuota.

"Senang sekali, saya sangat beruntung, karena tahun lalu saya tidak masuk kuota peserta mudik gratis Kemenhub. Saya tidak bisa mudik ke Solo Lebaran kemarin," ujarnya.

Kasubdit Angkutan Barang Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Deny Kusdiana, yang melepas para peserta mengemukakan, untuk mudik gratis Kemenhub khusus Jateng dan DIY tahun ini dilaksanakan secara bersama-sama di empat titik. Yakni di Kota Solo, Semarang, Purwokerto dan Yogyakarta. Total ada 162 bus di empat titik tersebut dan Solo paling banyak dengan 69 bus.

"Kuota 162 bus itu adalah 15 persen dari total keseluruhan 1.130 bus program mudik Kemenhub. Selain bus, kita juga memberangkatkan tiga kapal penyeberangan di tiga titik, Semarang, Surabaya dan Lampung. Masing-masing kapasitasnya 500 sepeda motor dan 1.000 penumpang," urainya.

Sedangkan untuk sepeda motor para penumpang program mudik gratis bus khusus Solo, telah diberangkatkan dengan menggunakan 12 truk menuju Jakarta. Ada 492 sepeda motor milik pemudik yang telah dikirim ke ibukota.

"Sepeda motor pemudik sudah kami berangkatkan sejak Rabu (20/6) dan Kamis (21/6) siang. Kami drop menuju Taman Mini (TMII)," katanya.

Deny menambahkan, pihaknya telah memberikan tambahan kuota bagi para pemudik program gratis Kemenhub hingga 87 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

Koordinator terminal tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto menyampaikan, untuk jumlah pasti pemudik yang akan ikut balik gratis masih dilakukan pendataan. Tetapi, dari perkiraan sementara jumlahnya mencapai lebih dari 3.105 orang.

"Untuk sekarang kami belum bisa mendata, soalnya nanti ada yang datang menyusul. Kalau untuk satu bus rata-rata 45 penumpang, jumlah bus yang disediakan sebanyak 69 tapi tetap akan kami siapkan bus cadangan," ungkapnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini