31.000 Orang Lansia di Aceh Sudah Terima Vaksinasi Covid-19

Senin, 11 Oktober 2021 20:56 Reporter : Henny Rachma Sari
31.000 Orang Lansia di Aceh Sudah Terima Vaksinasi Covid-19 Antusias warga lansia ikut vaksinasi Covid-19 di mal. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Sebanyak 31.308 orang kelompok lanjut usia (Lansia) di Aceh sudah menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Demikian dilaporkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh.

"Para lansia merupakan sasaran tahap kedua vaksinasi nasional setelah tenaga kesehatan, dan tampaknya perlu difasilitasi khusus untuk meningkatkan cakupan vaksinasinya," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Senin (11/10).

Saifullah menjelaskan Pemerintah Aceh menargetkan vaksinasi lansia sebanyak 339.125 orang. Dari 31.308 orang lansia yang telah disuntik dosis pertama, 15.301 orang di antaranya juga telah mendapatkan suntikan dosis kedua.

Para lansia tersebut yakni mereka yang berusia 60 tahun ke atas dan sudah sepuh, sehingga mereka perlu difasilitasi khusus. Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota juga telah mendekatkan pelayanan vaksinasi hingga di Puskesmas pembantu.

"TNI-Polri bersama Puskesmas juga menggelar vaksinasi massal di titik terdekat dengan kegiatan masyarakat," katanya.

Akan tetapi, lanjut dia, upaya tersebut tampaknya belum memadai dan masih diperlukan dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para pihak keluarga besar lansia itu sendiri. Katanya, para lansia masih membutuhkan edukasi dan motivasi dari tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Menurut dia para lansia umumnya memiliki ketergantungan dengan anak-anaknya. Dukungan anak-anaknya akan sangat membantu meringankan kekhawatirannya terhadap efek ikutan pasca imunisasi (KIPI). Terakhir, dukungan keluarga untuk membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat atau ke tempat vaksinasi massal digelar.

"Dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat sekitar, dan keluarga, sangat membantu para lansia mewujudkan harapannya mendapat vaksinasi Covid-19," katanya.

Di samping itu, Jubir yang akrab disapa SAG itu juga menyebutkan cakupan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan Aceh sudah melebih target awal yakni 61.666 orang, sedangkan target awal sekitar 56.470 orang.

Dengan rincian 54.425 orang di antaranya telah menuntaskan dengan vaksinasi Covid-19 dosis kedua dan 17.872 orang juga telah menyelesaikan hingga penyuntikan dosis ketiga vaksin Moderna.

Sementara petugas pelayanan publik yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 308.181 orang, dari target 478.489 orang. Sedangkan yang telah menyelesaikan hingga dosis kedua sudah mencapai 194.505 orang.

Selanjutnya untuk masyarakat umum dan kelompok rentan lainnya pemerintah menargetkan hingga 2,5 juta jiwa. Di antaranya 640.838 orang telah melakukan vaksinasi dosis pertama, sedangkan 261.839 orang telah mendapatkan dosis kedua.

Untuk kelompok remaja, kata dia, Aceh menargetkan sebanyak 577.015 orang. Dan cakupannya sudah mencapai 25.298 orang remaja yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama, sedangkan 14.346 orang di antaranya sudah menyelesaikan dosis kedua.

"Secara umum progres vaksinasi dosis pertama di Aceh sudah mencapai 1 juta jiwa atau 26,5 persen dari total sasaran Aceh yang mencapai 4 juta jiwa. Sementara keseluruhan yang sudah melakukan suntikan dosis kedua sebanyak 540.416 orang," katanya. [rhm]

Baca juga:
Tiga Orang Ditangkap di Mesir karena Membuang Ribuan Vaksin Covid-19
Pemerintah akan Pakai Sinovac untuk Penuhi Kekurangan Suplai Novavax
World Superbike Mandalika Sasar 25.000 Penonton, Vaksin Dua Dosis Jadi Syarat Utama
Menko Luhut Sebut Vaksinasi Lansia Meningkat dan PON Papua Terkendali
Ingin PPKM Level 2, Kabupaten Bogor Percepat Vaksinasi Covid-19
Pfizer Bakal Vaksinasi Penduduk Satu Kota di Brasil untuk Penelitian

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini