3 Tantangan Perawat di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 17 Maret 2021 15:52 Reporter : Supriatin
3 Tantangan Perawat di Tengah Pandemi Covid-19 Tenaga Kesehatan Perawat Pasien Covid-19. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhillah mengatakan ada tiga tantangan yang dihadapi perawat di tengah pandemi Covid-19. Pertama, perawat harus belajar memahami karakteristik penyakit Covid-19.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2. Virus ini ditemukan pertama kali di Wuhan, China pada Desember 2019.

"Di awal-awal (pandemi Covid-19), tantangan utama yang kita hadapi adalah karena ini ilmu baru, tantangan baru. Jadi kita harus segera membangun kesadaran dan pemahaman perawat. Bagaimana kita memahami karakteristik penyakit ini termasuk bagaimana sistem perawatan pasien yang efektif," jelasnya dalam diskusi virtual, Rabu (17/3).

Tantangan kedua yang dialami perawat berupa stigmatisasi dan penolakan dari masyarakat karena merawat pasien Covid-19. Tantangan ini dihadapi perawat saat pandemi Covid-19 berjalan beberapa bulan di Tanah Air.

"Perawat-perawat mulai stres, ada tekanan psikologis terkait dengan pelayanan," ujarnya.

Tantangan berikutnya, perawat mengalami kelelahan akibat jumlah pasien terinfeksi Covid-19 terus meningkat. Sementara ketersediaan tempat tidur dan tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan terbatas.

"Bersamaan dengan itu, banyak kawan-kawan (tenaga kesehatan) terkonfirmasi (positif Covid-19) dan wafat," tandasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini