3 Langkah memperkenalkan puasa kepada anak

Senin, 20 Juni 2016 13:43 Reporter : Desi Aditia Ningrum
ilustrasi puasa. ©blogspot.com

Merdeka.com - Dalam syariat islam, anak mulai 7 tahun harus diperkenalkan dengan puasa. Hal itu guna mengajarkan ketaatan kepada Sang Pencipta. Mungkin pada usia anak-anak belum mengetahui bagaimana cara berpuasa dan maknanya.

Oleh karena itu, supaya anak perlahan mengerti, orang tua wajib memberikan langkah awal melatih puasa terhadap anak. Berikut beberapa langkah melatih anak-anak puasa dikutip dari buku 365 Tip Didik Anak Gaya Nabi, karya Ustazah Isfadiah Mohd Dasuki.

1. Puasa setengah hari

Sebagai permulaan, latih anak-anak berpuasa setengah hari. Sebab, anak-anak belum mampu menahan puasa hingga satu hari penuh. Dengan setengah hari sudah cukup untuk menggambarkan bahwa puasa menahan haus dan lapar.

2. Siapkan makanan favorit

Memulai puasa diawali dengan makan sahur. Agar anak semangat untuk menjalankan puasa esok hari, sediakan lah makanan kesukaannya. Selain semangat puasa, menyediakan menu makanan favorit dapat meningkatkan nafsu makan mereka. Tak lupa makanan tersebut mengandung gizi seimbang.

3. Alihkan perhatian ketika lapar

Jika anak sudah mulai lapar namun belum mencapai setengah hari berpuasa, sebaiknya orang tua mengalihkan rasa lapar anak dengan mengajak anak melakukan kegiatan positif. Misalnya saja, membaca Alquran, membaca buku cerita, atau mengajak bermain permainan kesukaannya.

Tiga tips tersebut bisa melatih anak untuk melakukan ibadah puasa. Jika anak sudah dikenalkan dengan langkah awal tersebut, maka Ramadan selanjutnya dia akan terbiasa dengan puasa. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Ramadan 2016
  2. Pelangi Ramadan
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini