3 Golongan Diharamkan Masuk Surga

Selasa, 14 Mei 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
3 Golongan Diharamkan Masuk Surga Ilustrasi bulan Ramadan. ©2018 Rexshare.com

Merdeka.com - Semua orang selalu berdoa agar kelak bisa masuk surga. Oleh karenanya, setiap orang berusaha memupuk keimanan dan ketakwaan agar kelak bisa masuk ke surga.

Akan tetapi tak semua orang dapat masuk ke tempat tersebut. Allah SWT bahkan mengharamkan kepada tiga golongan manusia untuk masuk ke surga.

Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya". (HR Ahmad).

Berikut penjelasannya:

1 dari 3 halaman

Pecandu Minuman Keras

Pecandu minuman keras atau barang-barang haram lainnya diharamkan masuk surga oleh Allah SWT. Hal itu karena minuman keras mempunyai dampak buruk bagi kesehatan fisik dan berujung pada rusaknya organ tubuh.

Sabda Rasullullah, "Allah melaknat peminum khamar, yang menyuguhkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang memanggul dan yang menerimanya". (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah).

2 dari 3 halaman

Orang yang Durhaka

Allah SWT mengharamkan orang durhaka kepada orang tuanya untuk masuk ke dalam surga. Karena bagi seorang anak, surga berada pada keridhaan orang tuanya.

Maka ketika orang tua sudah tidak ridha dengan kedurhakaan anaknya, itu akan menjadi tiket masuk ke dalam panasnya api neraka. Allah SWT berfirman, "Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS Al Isra [17]: 23).

3 dari 3 halaman

Dayyuts

Dayyuts atau minimnya rasa cemburu dalam hal ini ditujukan dari seorang suami kepada anak dan istrinya. Dia tidak merasakan suatu dosa apabila anak ataupun istrinya melakukan perbuatan yang mengundang dosa. Maka orang ini diharamkan masuk surga oleh Allah SWT.

Padahal peran sebagai seorang suami sekaligus ayah menjaga istri dan anaknya agar tidak masuk ke dalam api neraka. [has]

Baca juga:
Toleransi Beragama di Kampung Eks Tapol PKI
Mengenal Alquran Tertua Peninggalan Kerajaan Muna
Masjid Keramat Pelajau Barabai Peninggalan Kerajaan Demak
Menengok Pondok Pesantren yang Didirikan Mantan Teroris di Deli Serdang
Ritual Penyucian Jiwa ala Bugis Makassar Sambut Ramadan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini