3 Foto Unik Presiden Indonesia Tanda Tangan di Atas Punggung Ajudannya

Senin, 17 Juni 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah
3 Foto Unik Presiden Indonesia Tanda Tangan di Atas Punggung Ajudannya Jokowi Tanda Tangan di Punggung Ajudan. ©2019 Merdeka.com/ instagram Jokowi

Merdeka.com - Momen tak terduga terabadikan dalam sebuah foto saat Presiden Jokowi kunjungan kerja di Bali. Jokowi menjadikan punggung ajudannya sebagai meja untuk tanda tangan.

Sebelum foto Jokowi tanda tangan di punggung ajudannya, Presiden Indonesia terdahulu juga pernah melakukan hal serupa dengan menjadikan punggung ajudannya sebagai pengganti meja. Ini presiden Indonesia yang tanda tangan di atas punggung ajudannya:

1 dari 3 halaman

Soeharto

Presiden Ke-2 Soeharto pernah tertangkap kamera sedang mencatat sesuatu di atas punggung ajudannya. Hal ini terjadi saat Soeharto sedang blusukan keliling Jawa periode 1970-an.

Di awal kekuasaannya Soeharto rajin blusukan tanpa kenal lelah. Seperti ditulis dalam autobiografi Soeharto Pikiran Ucapan dan Tindakan Saya yang diterbitkan Cipta Lamtoro Gung Persada.

"Tentu saja saya pun kadang-kadang merasa capek, karena hilir mudik dari sana ke mari lewat daratan, terbang dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memulai dengan pembangunan yang baru dan mengontrol pembangunan yang sedang berjalan, dan lelah pula karena memeras otak. Tetapi saya tidak boleh mengeluh, apalagi menyerah. Pembangunan adalah perjuangan yang sengit," kata Soeharto.

2 dari 3 halaman

SBY

Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah mengunggah foto di akun facebooknya sedang mendatangani dokumen di atas punggung ajudannya. Adegan itu terjadi 31 Maret 2008 di Kantor Presiden, Jakarta.

"Presiden SBY sangat teliti terhadap detail. Dino Patti Djalal menyaksikan Presiden SBY meminjam punggung ajudan untuk menulis revisi terakhir sebelum konferensi pers film FITNA," demikian tulisan admin soal foto itu.

Film FITNA merupakan film pendek karya politikus Belanda, Geert Wilders. Film itu dianggap melecehkan umat Islam. SBY pun akhirnya melarang film itu beredar di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Presiden Jokowi

Bukan hanya Presiden Soeharto dan SBY yang menjadi punggung ajudannya sebagai pengganti meja. Presiden Jokowi juga melakukan hal yang sama saat kunjungan kerja di Bali, Jumat (14/6).

Saat berkunjung ke Pasar Sukawati, tiba-tiba Jokowi dicegat oleh seorang warga yang membawa foto dirinya. Ternyata orang tersebut, meminta tanda tangan Jokowi. Karena tidak ada meja, Jokowi menjadikan punggung ajudannya sebagai pengganti meja.

"Sesaat setelah meninjau Pasar Sukawati, pagi tadi, seorang pria mencegat saya di jalan keluar. Di tangannya ada selembar kertas. Ternyata itu foto saya. Rupanya, ia hanya ingin meminta tanda tangan. Katanya untuk kenang-kenangan. Ya sudah, berbantalkan punggung ajudan, foto itu saya tanda tangani." tulis Jokowi di akun instagramnya. [has]

Baca juga:
Aksi Nekat Emak-Emak Ingin Temui Jokowi, Sampai Ada Tengkurap di Jalan
Fakta-Fakta Sosok Jokowi di Mata Jusuf Kalla
Kesederhanaan Jokowi Terpotret dalam Momen Ini Meski Jadi Presiden
Deretan Aksi Mengejutkan Warga Saat Bertemu Jokowi
Potret Mesra Presiden Jokowi dan Ibu Iriana
Potret Jokowi Saat Blusukan Seperti 'Tak Dikawal' Paspampres

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini