3 Bangunan SD di Rengasdengklok Karawang Lapuk Akhirnya Ambruk

Senin, 18 Oktober 2021 12:21 Reporter : Bram Salam
3 Bangunan SD di Rengasdengklok Karawang Lapuk Akhirnya Ambruk Bangunan SD di Karawang ambruk. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Tiga bangunan sekolah dasar negeri (SDN) Rengasdengklok Selatan VI Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang ambruk, Senin (18/10) sekitar pukul 07.00 WIB. Sebelumnya, pada minggu lalu ruang belajar di SDN Bayur Kidul I, Cilamaya, Karawang juga ambruk.

Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Rengasdengklok, Rusta Anzela mengatakan rencana renovasi bangunan lapuk yang sudah tidak difungsikan sejak 2019 untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) itu bukan tanpa usulan.

Rehab ringan sempat diusulkan di tahun 2018, namun meskipun sempat masuk draf rehab di APBD II, terpaksa belum bisa direalisasikan karena situasi pandemi Covid-19 di tahun 2020, yang mengharuskan refocussing anggaran untuk penanggulangan Covid-19.

"Sudah diusulkan sejak 2018 untuk rehab ringan, namun karena rombelnya banyak ada 10. Jadi ini dikosongkan selama hampir dua tahun terakhir sejak pandemi. Sempat masuk draf APBD dan siap dibangun oleh PUPR, namun terkendala teknis, karena anggaran prioritas saat pandemi lebih pada penanggulangan Covid, sehingga digugurkan karena mungkin Pemkab lebih mengutamakan keselamatan dan pencegahan Covid-19 di tahun 2020 lalu," kata Rusta kepada wartawan.

Dikatakannya, ruangan yang digunakan KBM efektivitasnya ada di enam rombel lainnya, sehingga ambruknya bangunan tiga kelas itu, tidak mengganggu kegiatan PTM siswa berjumlah 279 ini. Tahun ini, pihaknya juga sudah usulkan lewat aspirasi DPRD agar bisa direhabilitasi.

"Dinding mah Alhamdulillah masih kuat dan kokoh, saya sudah prediksi sih. Kewenangan kita dan Disdikpora kan sebatas mengusulkan. Eskekusinya ya bertahap, itu harus kita maklumi bersama," ujarnya. [cob]

Baca juga:
SD di Sumut Atapnya Dicuri dan Kondisinya Memprihatinkan, Kepsek Lapor Polisi
Ribuan Sekolah di Karawang Rusak, Tak Ada Anggaran untuk Perbaikan
Atap Sekolah Dasar Dekat Istana Bogor Ambruk
Satu Ruang Kelas di SDN 2 Cangkoak Cirebon Ambruk

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini