295 Keluarga Terdampak Angin Kencang di Situbondo

Kamis, 12 November 2020 12:18 Reporter : Rifa Yusya Adilah
295 Keluarga Terdampak Angin Kencang di Situbondo Ilustrasi Angin Puting Beliung. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melaporkan kondisi terkini terkait bencana angin kencang di Bondowoso. Pada hari ini, Kamis (12/11) masyarakat Bondowoso di dua kecamatan bergotong-royong membersihkan puing-puing bangunan yang rusak dan sejumlah pohon yang tumbang.

Ketiga desa yang terdampak di Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, antara lain Desa Rencalongan di Kecamatan Sukosari serta Desa Gunung Anyar dan Wonokusumo di Kecamatan Tapen.

"Tiga desa di dua kecamatan yang terdampak angin kencang yang dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi. Kejadian terjadi pada pada Senin (9/11) sekitar pukul 14.00 waktu setempat," kata Raditya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/11).

BPBD Bondowoso mencatat, ada 295 KK yang terdampak kejadian ini. Kerugian materiil mencakup rumah rusak berat sebanyak 6 unit, rusak sedang 2, dan rusak ringan sebanyak 287 rumah. Ada 13 pohon tumbang di beberapa titik, sehingga menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bondowoso dan Ijen maupun Bondowoso dan Situbondo.

"Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bondowoso telah melakukan penanganan darurat untuk pembersihan pohon tumbang, kaji cepat dan koordinasi lintas lembaga, seperti TNI dan Polri," ujarnya.

Raditya mengimbau masyarakat untuk waspada dengan hujan intensitas tinggi yang disertai kilat, petir, dan angin kencang. Dia mengimbau agar masyarakat menghindari papan baliho atau pohon saat berteduh agar tidak tersambar petir.

"khususnya apabila terjadi angin kencang," ungkapnya.

Di samping itu, Raditya mengatakan, BNPB meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi lainnya seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini