27 Koruptor di LP Sukamiskin dapat remisi

Rabu, 15 Agustus 2012 20:47 Reporter : Andrian Salam Wiyono
27 Koruptor di LP Sukamiskin dapat remisi penjara. shutterstock

Merdeka.com - Sebanyak 27 koruptor di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, mendapatkan potongan tahanan atau remisi, pada HUT RI ke-67 dan Hari Raya Idul Fitri 2012.

Ke-27 narapidana kasus korupsi itu dinyatakan layak mendapatkan remisi dikarenakan sudah memenuhi syarat sesuai Peraturan Pemerintah no 28 tahun 2006, di mana salah satunya adalah sudah melewati sepertiga masa tahanan.

Kepala Divisi Kemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Jabar, Dedi Sutardi menyatakan koruptor yang mendapatkan remisi adalah yang tidak kena PP 28 tahun 2006.

"Proses remisi tindak pidana korupsi ada yang kena PP 28 dan ada juga yang tidak, nah kalau yang belum sepertiga belum itu bisa mendapatkan remisi," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/8).

Berdasarkan PP Nomor 28 tahun 2006 disebutkan bahwa narapidana tindak pidana korupsi, terorisme, narkotika dan psikotropika, kejahatan terhadap keamanan negara dan kejahatan hak asasi manusia yang berat, tidak diperbolehkan mendapat remisi sebelum melewati sepertiga masa pidana.

"Mereka belum melewati masa itu," ujarnya.

Untuk diketahui, Sukamiskin sendiri saat ini menjadi tempat titipan koruptor kelas kakap. Sebut saja salah satunya Gayus Tambunan terpidana mafia pajak.

"Gayus sudah dapat, karena sudah memenuhi persyaratan," ujarnya.

Sementara terpidana kasus korupsi Eep Hidayat dan Mochtar Muhammad belum mendapatkan remisi tahanan baik HUT RI maupun Lebaran. Sebab keduanya belum memasuki sepertiga masa tahanan sebagaimana sarat yang sudah ditetapkan. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini