23 Pati TNI Dimutasi, Mayjen Teguh Muji Angkasa Jadi Danjen Kopassus

Senin, 22 November 2021 16:14 Reporter : Bachtiarudin Alam
23 Pati TNI Dimutasi, Mayjen Teguh Muji Angkasa Jadi Danjen Kopassus Jenderal Andika Perkasa dan Marsekal Hadi Tjahjanto sertijab Panglima TNI. ©REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Panglima TNI Jendral Andika Perkasa telah memutuskan merotasi maupun 23 perwira tinggi (pati) dalam struktural TNI usai dilantik sebagai Jendral TNI beberapa hari lalu.

Rotasi tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Tercatat, dari 23 pati TNI, ada enam mayor jenderal yang dirotasi. Salah satunya Jabatan Danjen Kopassus yang ditinggalkan Mayjen TNI Muhammad Hasan, kini diisi oleh Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang sebelumnya merupakan Dosen Tetap Universitas Pertahanan.

Sedangkan untuk Hasan, kini menempati posisi Pangdam Iskandar Muda, dan untuk posisi Dosen Tetap Universitas Pertahanan dijabat Mayjen Gregorius Heru Basworo yang sebelumnya selaku PA Ahli TK III Kasad Bid. Wansus dan LH.

Lalu ada Mayjen Suharyanto yang sebelumnya menjabat Aster Kasad kini menjabat sebagai Kepala BNPB menggantikan Letjen Ganip Warsito. Sementara posisi Aster Kasad ditempati Achmad Marzuki, mantan Pangdam Iskandar Muda.

Adapun perubahan dalam SK itu turut ditandatangani Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah atas nama Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa, pada 17 November 2021.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan jika perubahan kepada struktural TNI dilakukan untuk menindaklanjuti aturan yang ada. Sesuai keterangan dalam SK tersebut, dalam rangka persiapan pensiun.

"Karena mempedomani yang sudah diberikan UU. Detail itu begitu banyak bahkan mungkin tidak terbatas. Jadi pembenahan organisasi cara kita bekerja," kata Andika kepada wartawan, Senin (22/11). [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini