23 Anak Keracunan Usai Makan Sayur Sop dari Posyandu di Pademangan

Kamis, 10 Oktober 2019 12:05 Reporter : Nur Habibie
23 Anak Keracunan Usai Makan Sayur Sop dari Posyandu di Pademangan Ilustrasi keracunan makanan. ©Shutterstock/pogonici

Merdeka.com - Sebanyak 20 balita di Pademangan, Jakarta Utara, diduga keracunan makanan sayur sop yang diberikan pihak Posyandu usai timbang berat badan. Oleh karena itu, balita-balita tersebut harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami gejala muntah-muntah, lemas dan diare.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, bukan hanya balita yang mengalami keracunan saja, ada juga tiga orang dewasa yang berumur 11 tahun. Kini, mereka sedang menjalani perawatan di RSUD Pademangan, Puskesmas Kecamatan Pademangan dan RSUK Tanjung Priok.

"Sebanyak enam orang menjalani rawat inap di RSUD Pademangan. Mereka CY (4), SM (29), PP (4), BT (3), AH (2) dan Sum (61)" kata Budhi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (10/10).

Ia menjelaskan, awal mula kejadian ini terjadi saat kegiatan penimbangan berat badan dan pemeriksaan tumbuh kembang balita di Posyandu RW 10 Kelurahan Pademangan Timur, Rabu (9/10).

Usai ditimbang, setiap anak langsung mendapatkan makanan tambahan berupa nasi, sayur sop, pisang dan biskuit yang diberikan oleh petugas timbang.

"Menurut keterangan dari korban setelah makan sop yang dibagikan, muncul gejala pusing, mual, muntah-muntah dan diare. Kemudian korban yang sebagian besar balita di bawa ke RSUK dan Puskesmas Kecamatan Pademangan untuk diberikan pertolongan medis," jelasnya.

Budhi mengungkapkan, gejala yang dialami anak-anak tersebut sama yakni diduga akibat keracunan makanan sop yang diberikan oleh pihak posyandu. Hal itu diketahui usai dikonfirmasi pihak rumah sakit.

"Penanganan dilakukan observasi dengan cara diberikan infus dan obat antimuntah. Apabila masih mual dan muntah dilakukan rawat inap," ungkapnya.

Atas kejadian itu, polisi langsung memintai keterangan para korban dan juga pihak pembuat makanan. Polisi juga telah mengamankan sisa makanan yang diduga beracun. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Keracunan Makanan
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini