22 PMI Diduga Korban Perdagangan Orang Dipulangkan ke Indonesia dari Suriah

Sabtu, 29 Mei 2021 05:01 Reporter : Kirom
22 PMI Diduga Korban Perdagangan Orang Dipulangkan ke Indonesia dari Suriah ilustrasi tki. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - 22 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Suriah berhasil kembali dipulangkan ke Indonesia oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran (BP2MI) melalui terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (28/5).

Kepala BP2MI Benny Ramdhani menegaskan, Suriah merupakan negara konflik yang sejak 2011 lalu telah dilarang dalam penempatan pekerja ke negara tersebut.

"Hari ini repatriasi terhadap 22 pekerja Migran Indonesia dari Suriah, padahal Suriah ini dikenal sebagai negara atau daerah konflik," ungkap Kepala BP2MI Benny Ramdhani di Terminal 3 Bandara Soetta, Jumat (28/5/2021).

Dia mengungkapkan, Pemerintah Indonesia telah menerbitkan suatu aturan dalam melarang penempatan PMI ke negara konflik, seperti Suriah.

"2011 Kemenaker telah mengeluarkan sebuah aturan yang melarang dan tidak menjadikan Suriah sengaja negara penempatan. 2015, Kemnaker kembali mengeluarkan Permenaker, di mana untuk pekerja rumah tangga diperseorangan itu tidak diperbolehkan. Artinya, penempatan, pengiriman pekerja keluar negeri, termasuk Suriah sebagai negara konflik, Timur Tengah itu tidak boleh," tegas dia.

Dengan begitu, maka penempatan pekerja Indonesia ke wilayah negara konflik, di atas tahun 2011 dan 2015 adalah ilegal.

"Berarti ilegal. Mereka ini jelas Tindak Pidana Perdagangan Orang. Intinya adalah ini tidak mungkin terjadi, jika para pelaku yang disebut mafia, sindikat ini dibekingi oknum-oknum, atau saya sebut memiliki atributif kekuasaan," ucap dia. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Perdagangan Orang
  3. PMI
  4. TKI
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini