20 Capim KPK Jalani Tes Kesehatan di RSPAD, Hasilnya Diserahkan ke Pansel Sore Ini

Senin, 26 Agustus 2019 09:22 Reporter : Merdeka
20 Capim KPK Jalani Tes Kesehatan di RSPAD, Hasilnya Diserahkan ke Pansel Sore Ini Tes Kesehatan 20 capim KPK di RSPAD Gatot Subroto. ©Liputan6.com/M. Radityo

Merdeka.com - Sebanyak 20 calon pimpinan KPK akan menjalani tes kesehatan di RS Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta hari ini. Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menegaskan tes kesehatan dan menjadi pertimbangan penting bagi pansel dalam memilih para calon komisioner KPK.

"Ini tes medik, tes yang sangat penting. Lalu 27-29 (Agustus) dilanjut tes uji publik jadi mohon dibaca peraturannya, tidak boleh terlambat," jelas Yenti di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (26/8).

Kepala RSPAD Mayjen TNI Terawan mengatakan akan menyerahkan hasil tes kesehatan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) sore nanti kepada Pansel KPK.

"Sore ini hasilnya sudah bisa diserahkan ke pansel, karenanya kenyamanan peserta tes kesehatan adalah prioritas kami," jelas Terawan di lokasi yang sama.

Pantauan di lokasi, tampak sejumlah dokter sudah disiapkan untuk memeriksa kesehatan total 20 orang capim KPK. Terawan menyebut, semua yang dokter yang dihadirkan adalah bagian terbaik yang independen dan memberikan data seakurat mungkin kepada Pansel KPK.

Dia menegaskan, tes kesehatan hari ini akan dilakukan setransparan mungkin. Namun dengan catatan, ada hal-hal privat terkait pemeriksaan kesehatan ini yang mungkin menjadi catatan khusus untuk hasil dari tes ini.

"Jadi kita boleh transparan tapi tak boleh 'telanjang' ada batasan etik supaya tak terganggu pemeriksaan kesehatan pada peserta. "Kami selaku panitia membantu, memberi data tepat dan benar kami siapkan semua, jadi kami harapkan semua berjalan lancar," ujar Terawan.

Pansel KPK sebelumnya mengumumkan 20 nama capim yang lolos dari tes profile assessment dan akan mengikuti tes kesehatan terdiri dari berbagai latar belakang.

Capim dengan latar belakang polisi mendominasi dengan 4 calon yakni, Irjen Antam Novambar, Irjen Firli Bahuri, Brigjen Bambang Sri Herwanto dan Brigjen Sri Handayani.

Kemudian jaksa dan mantan jaksa, Johanis Tanak, Sugeng Purnomo, Supardi dan Jasman Panjaitan. Lalu dari latar belakang KPK yakni Alexander Marwata dan Sujanarko.

Kemudian dari kalangan pengacara yakni Lili Pintauli Siregar; Hakim, Nawawi Pomolango; dan bidang lain seperti karyawan BUMN, Cahyo R. E. Wibowo, penasihat menteri, Jimmy Muhamad Rifai Gani, auditor, I Nyoman Wara, PNS, Roby Arya dan Sigit Danang Joyo, dosen, Luthfi Jayadi Kurniawan, Neneng Euis Fatimah dan Nurul Ghufron.

Reporter: M Radityo Priyasmoro

Sumber: LIputan6.com [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Capim KPK
  2. Pansel Pimpinan KPK
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini