20 Bintara Junior Polres Bungo Dianiaya Senior, Propam Polda Jambi Turun Tangan

Senin, 8 Agustus 2022 16:39 Reporter : Merdeka
20 Bintara Junior Polres Bungo Dianiaya Senior, Propam Polda Jambi Turun Tangan Ilustrasi Polisi. ©2015 merdeka.com/imam mubarok

Merdeka.com - Sebanyak 20 orang bintara junior Polres Bungo, Jambi, dilaporkan menjadi korban tindakan kekerasan yang dilakukan 22 seniornya. Mereka dianiaya saat pembinaan disiplin dan pengenalan lingkungan kantor polisi itu.

Kapolres Bungo AKBP Wahyu Istanto Bram Widarso menegaskan akan mencari tahu siapa bintara senior yang melakukan penganiayaan terhadap juniornya. "Kita akan mengambil sikap tegas terhadap bintara senior Polres Bungo yang melakukan penindakan berlebihan kepada para bintara junior Polres Bungo," tegasnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (8/8).

Wahyu menegaskan, jika dugaan penganiayaan yang dilakukan bintara senior terhadap juniornya itu benar, perbuatan itu tidak bisa ditolerir. Kerena itu, dia tengah mengumpulkan 20 bintara baru untuk dicari tahu serta memastikan siapa saja yang mengalami penganiayaan.

"Saya juga belum tahu. Sedang saya kumpulkan bintara baru untuk cari tahu, jadi sudah saya perintahkan juga untuk Kasi Propam Polres Bungo untuk cari tahu siapa bintara senior yang melakukan kekerasan dan agar segera ditindak," tutupnya.

2 dari 2 halaman

Siapkan Sanksi Tegas

Terpisah, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengakui adanya aksi senior yang melakukan kekerasan terhadap juniornya. Bidang Propam Polda Jambi dan Seksi Propam Polres Bungo tengah menyelidiki kasus itu.

"Lagi pemeriksaan untuk 22 orang senior yang melakukan kekerasan," tegasnya.

Mulia menyayangkan tindakan beberapa senior bintara menggunakan tindakan kekerasan pada pembinaan juniornya. "Saat ini para bintara senior sedang dalam pemeriksaan oleh tim gabungan dari Bid Propam Polda Jambi dan Seksi Propam Polres Bungo, yang pasti para senior bintara akan dikenakan sanksi," tegas Mulia.

Menurut Mulia, Kapolda Jambi menyesalkan peristiwa ini dan telah memerintahkan Karo SDM Polda Jambi serta Kabid Propam Polda Jambi untuk menyelidiki peristiwa ini langsung ke Polres Bungo agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Bila ada yang terbukti akan dikenakan sanksi disiplin maupun etik terhadap pelaku penindakan ini, baik itu PTDH, demosi atau tunda pangkat," pungkasnya.

Reporter: Hidayat. [yan]

Baca juga:
Gerebek Kasus Narkoba di Polewali Mandar, 4 Polisi Dibacok
Empat Polisi di Sulbar Kena Sabetan Parang saat Gerebek Kasus Narkoba
Informasi Berbeda Polisi di Kasus Brigadir J, Keluarga Tanyakan Sosok Richard & Riki
Reaksi Pilu Ibunda Brigadir J Saat Makam Anaknya Dibongkar, Begitu Menyayat Hati
Dua Pekan Lebih Penembakan Brigadir J, Begini Penampilan Bharada E Muncul ke Publik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini