2 Lokasi ini diperkirakan jadi tempat eksekusi duo 'Bali Nine'

Rabu, 4 Maret 2015 11:02 Reporter : Chandra Iswinarno
2 Lokasi ini diperkirakan jadi tempat eksekusi duo 'Bali Nine' Dermaga Lapas Nusakambangan. ©2015 merdeka.com/chandra iswinarno

Merdeka.com - Duo 'Bali Nine' Andrew Chan dan Myuran Sukumaran menyeberang ke Nusakambangan sekitar pukul 09.00 WIB. Tidak lama berselang, giliran terpidana mati Raheem Agbaje Salami yang menyeberang.

Lapas Nusakambangan terus berbenah jelang eksekusi mati narapidana. Salah satu sumber merdeka.com yang sempat masuk ke Nusakambangan kemarin, Selasa (3/3), menceritakan ada dua lokasi yang diperkirakan jadi tempat eksekusi.

Pertama di Lapangan Tembak Limus Buntu Lapas Nusakambangan. Kondisi terakhir lapangan itu sudah dibersihkan. Saat eksekusi mati napi gelombang pertama kemarin, Limus Buntu juga dipilih sebagai lokasi penembakan. Saat ini Lapangan Limus Buntu diperluas, dan dibangun 10 ruang isolasi.

Kedua adalah bekas ruang isolasi penyakit kusta yang berada di dekat Lapas Pasir Putih. Entah dari kedua itu mana yang nantinya akan dipilih sebagai lokasi eksekusi, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari Lapas atau pihak terkait.

Informasi yang diterima merdeka.com, kemungkinan para napi yang akan dieksekusi mati akan diberikan waktu selama tiga hari untuk bertemu keluarga. Setelah itu napi bakal diisolasi sebelum akhirnya dieksekusi.

Sebelumnya, Andrew dan Myuran mendarat di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, sekitar pukul 08.10 WIB, Rabu (4/3). Ratusan pasukan TNI dan Polri ditambah sniper yang ditempatkan di beberapa titik strategis, mengawal kedatangan keduanya.

Mulai keluar pesawat hingga menuju mobil, keduanya tak terlihat lantaran ketatnya penjagaan petugas yang bersenjata lengkap. Wartawan yang meliput tidak diperkenankan mendekat. Keduanya segera dibawa menuju mobil untuk berangkat ke Dermaga Wijayapura untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Iring-iringan mobil berangkat tak lama kemudian.

Andrew dan Myuran tiba di dermaga sekitar pukul 09.00 WIB. Kondisi di dermaga tak jauh beda dengan di bandara. Ratusan pasukan dan intel berjaga mengamankan lokasi. Wartawan asing dan warga saling berdesakan untuk bisa melihat kedatangan WN Australia tersebut.

"Goodbye Bali," teriak Andrew saat meninggalkan Bali. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Kasus Bali Nine
  2. Hukuman Mati
  3. Cilacap
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini