2 Hakim Agung Tersangka di KPK, MA: Terima Kasih Ada Lembaga Bantu Bersih-Bersih

Jumat, 9 Desember 2022 14:34 Reporter : Merdeka
2 Hakim Agung Tersangka di KPK, MA: Terima Kasih Ada Lembaga Bantu Bersih-Bersih Gedung Mahkamah Agung. ©2020 Mahkamahagung.go.id

Merdeka.com - Dua hakim agung, Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Mahkamah Agung (MA) mendukung penuh langkah KPK untuk memproses hukum keduanya.

Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Sunarto mengatakan, pihaknya mengapresiasi kinerja KPK yang telah membantu MA dalam meningkatkan integritas.

"Kami berterima kasihlah kalau ada lembaga lainnya akan membantu bersih-bersih di MA," kata Sunarto di Gedung MA, Jumat (9/12).

Sunarto menerangkan, MA sangat menghormati proses hukum yang dilakukan oleh semua aparat penegak hukum baik itu KPK, Polri, atau Kejaksaan.

"Proses hukum masih berjalan, kalau kita terlalu banyak berkomentar. Wah MA resisten, menolak, membela korpsnya. Kita serahkan pada prosedur hukum," ujar dia.

Sunarto meyakini, Mahkamah Agung (MA) tidak akan mencampuri yang menjadi kewenangan lembaga lain, termasuk proses hukum terhadap Hakim Agung yakni Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh misalnya.

"MA juga tidak akan mau mencampuri kewenangannya. Itu konsekuensinya," ujar dia.

Sunarto membeberkan langkah-langkah yang dilakukan oleh MA pasca adanya kasus yang menerpa Hakim Agung maupun Apartur Mahkamah Agung yang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK.

Sunarto menerangkan, pihaknya segera memutasi, merotasi aparatur di bawah para staf yang sudah lama dan kepada semua yang terlibat sudah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pengawasan dan sudah diberikan sanksi.

"Apabila sudah ditangani oleh aparat penegak hukum maka kita dari Mahkamah Agung memberhentikan sementara. Kita tidak perlu melakukan pemeriksaan etik karena itu tindak pidana lebih dari etik. Itu perbedaannya," ujar dia.

Sunarto memastikan, Hakim Agung maupun Aparatur Mahkamah Agung yang terjerat kasus hukum dipastikan akan dipecat setelah ada putusan yang berkekuatan hukum tetap.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pengetatan Akses Masuk, Mahkamah Agung: Tak Berkaitan dengan KPK
Dua Hakim Agung Tersangka Dugaan Suap, Begini Reaksi Ketua MA
KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh Terkait Suap KSP Intidana di MA
Hakim Agung Gazalba Saleh Ditahan KPK Terkait Suap Penanganan Perkara di MA
KPK Kembali Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh Sebagai Tersangka Suap

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini