2 Ekor Penyu Ditemukan Mati di Sepanjang Pantai DIY

Selasa, 26 Oktober 2021 01:04 Reporter : Purnomo Edi
2 Ekor Penyu Ditemukan Mati di Sepanjang Pantai DIY Penyu di Pantai Pandansari, Bantul. ©Dok SAR Satlinmas IV Kabupaten Bantul

Merdeka.com - Dua ekor penyu ditemukan mati di dua wilayah pantai di DIY. Seekor penyu ditemukan mati di Pantai Pandansari, Kelurahan Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul pada Senin (25/10).

Sementara seekor penyu lagi ditemukan mati di Pantai Sepanjang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul pada Minggu (24/10).

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Kabupaten Bantul, Nugroho mengatakan bahwa penemuan penyu mati ini berawal dari seorang wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pandasari. Saat itu wisatawan menemukan benda mencurigakan dan saat didekati ternyata bangkai penyu.

Temuan ini kemudian dilaporkan ke petugas SAR. Setelahnya, sambung Nugroho dilakukan evakuasi terhadap bangkai penyu itu.

"Ditemukan dalam keadaan mati dan sudah busuk. Untuk panjang penyu 80 cm, lebar 64 cm dan bobot lebih dari 30 kg," kata Nugroho saat dihubungi, Senin (25/10).

Nugroho menduga penyu tersebut sudah mati sejak tiga hari yang lalu karena sudah membusuk dan berbau. Saat ditemukan, lanjut Nugroho, penyu dalam kondisi kepalanya sudah hilang.

"Tadi langsung kita kubur," ucap Nugroho.

Sementara di Pantai Sepanjang, Kabupaten Gunungkidul ditemukan pula seekor penyu dalam kondisi mati dengan luka di bagian kaki dan kepala. Penyu ini ditemukan pada Minggu (25/10).

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan penyu ini ditemukan oleh seorang wisatawan. Kemudian dilaporkan ke tim SAR dan dilanjutkan dengan evakuasi.

"Penyu belum diketahui jenisnya apa. Panjang penyu 50 cm, lebar 30 cm dan bobotnya sekitar 35 kg," ungkap Surisdiyanto saat dihubungi, Senin (25/10).

"Ada luka di bagian kaki dan kepala. Kita belum tahu penyebab kematiannya kenapa. Penyunya langsung kita kubur karena sudah berbau," pungkas Surisdiyanto. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini