2 Anggota Komplotan Polisi Gadungan di Garut Ditangkap usai Tipu Warga Puluhan Juta

Kamis, 31 Oktober 2019 11:21 Reporter : Mochammad Iqbal
2 Anggota Komplotan Polisi Gadungan di Garut Ditangkap usai Tipu Warga Puluhan Juta Ilustrasi borgol. ©2014 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Kasus polisi gadungan yang menipu warga berhasil dikembangkan Kepolisian Resor Garut. Berdasarkan hasil pengembangan, pihak kepolisian mengamankan dua warga lainnya berinisial YA alias Agus (31) dan BS alias Jipung (32) setelah mengamankan AC alias Ajat (28). Kedua warga tersebut berasal dari Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.

"Ketiga orang ini diduga melakukan penipuan dengan mengaku sebagai polisi kepada warga," kata Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansah, Kamis (31/10).

Dede mengatakan, terungkapnya kasus tersebut saat AC melakukan penipuan kepada salah satu warga di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler. Namun berdasarkan hasil pengungkapan, para tersangka diketahui juga menipu di wilayah lain yaitu Kecamatan Bayongbong.

"Untuk tersangka YA dan BS, kedua ini ikut beraksi dalam membantu AC agar aksi penipuannya berjalan lancar. Hingga saat ini kami masih terus memeriksa para tersangka dan meminta keterangan dari para korban dan para saksi," kata dia.

1 dari 2 halaman

Tiga Tersangka Memiliki Peran Berbeda

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng mengungkapkan, setelah menangkap AC, terungkap dua tersangka lainnya berinisial YA dan BS. Hasil pemeriksaan terungkap masing-masing tersangka memiliki peran berbeda.

Dia menjelaskan, tersangka AC kepada salah satu korban mengaku sebagai bagian tes urine dari Polda Bandung. Sedangkan dua lainnya dari Polres Garut.

"Sebelum mendatangi keluarga korban dan meminta uang Rp20 juta. Sebelumnya mereka ke Ketua RT dulu dan minta mendampingi mereka saat mendatangi keluarga korban dan meminta uang. Karena aksinya itu korban dikelabui, bahkan korban juga tidak menyangka kalau mereka ini polisi gadungan," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Pelaku Meniru Gaya Polisi Sungguhan

Maradona menyebut dalam aksinya para pelaku meniru gaya polisi sesungguhnya. Hal tersebut yang kemudian menjadikan para korban bisa dikelabui dengan mudahnya.

"Tersangka AC yang mengaku sebagai anggota polisi dari Mabes Polri. Dia minta uang Rp11 juta agar bisa melimpahkan kasus dari Polda Jabar ke Polres Garut. Untuk tersangka AC sendiri memasang tarif Rp50 juta untuk bisa membantu menyelesaikan kasus hukum yang tengah dihadapi korban," ungkapnya.

Saat menjalankan aksi penipuan, kata Maradona, tersangka AC berpakaian preman namun terlihat membawa senjata api di pinggangnya. "Namun kemudian AC ini bisa kami tangkap setelah korban melapor ke kami," ucapnya.

Sebelumnya, anggota Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut mengamankan seorang warga Sumedang berinisial AC alias Ajat (28). Dia diduga melakukan penipuan dengan modus mengaku anggota kepolisian yang bertugas di Mabes Polri.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng menuturkan, pihaknya menerima laporan adanya dugaan tindak pidana penipuan kepada salah seorang warga.

"Jadi awalnya kami menerima informasi bahwa ada warga yang telah menjadi korban penipuan sebesar Rp11 juta. Pelakunya berinisial AC alias Ajat, warga Kabupaten Sumedang. Modusnya mengaku sebagai anggota Polri yang bertugas di Mabes Polri," ujarnya, Minggu (27/10).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku AC menawarkan bantuan kepada korban yang diketahui sedang dalam masalah. Kepada korban, AC mengaku bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Karena dia mengaku sebagai anggota polisi yang bertugas di Mabes Polri.

"Kepada korban, pelaku ini meminta uang sebesar Rp11 juta guna melancarkan proses bantuan darinya. Korban sendiri percaya kepada pelaku karena setiap bertemu pelaku selalu terlihat membawa diduga senpi (senjata api) yang ditutupi oleh jaket kulit," katanya. [gil]

Baca juga:
Polisi Gadungan Ditangkap usai Ancam Sebar Foto dan Video Bugil Korban
Tipu Warga, Polisi Gadungan di Garut Diciduk di Tempat Karaoke
Ngaku Sebagai Anggota Polri, OK dan RU Ditangkap dengan Bukti Pistol Mainan
Modal Senjata Korek Api, Nataniel Ngaku Polisi buat Peras Warga Petamburan
Bawa Pistol Mainan, Polisi Gadungan Peras Penjual Minuman di Palmerah
Bermodal Foto Polisi, Driver Ojek Online Tipu Gadis Asal Pandeglang
Ngaku-ngaku Polisi Berpangkat Aiptu, Dua Pemuda Rampas Motor di Tambora

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Polisi Gadungan
  3. Kasus Pemerasan
  4. Garut
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini