18 Bencana Terjadi di Tasikmalaya dalam Dua Hari

Selasa, 14 September 2021 14:10 Reporter : Mochammad Iqbal
18 Bencana Terjadi di Tasikmalaya dalam Dua Hari Ilustrasi jalan tertimbun material longsor. Antara

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat 18 kejadian bencana di daerah itu dalam dua hari terakhir. Bencana itu terjadi menyusul turunnya hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya Irwan menjelaskan, dari 18 kejadian itu terdapat 12 peristiwa tanah longsor. Sisanya bencana banjir dan pergerakan tanah.

"Lokasi bencana tersebar di beberapa wilayah. Tim ada yang masih melakukan penanganan, namun sebagian besar kejadian sudah bisa ditangani," jelas Irwan, Selasa (14/9).

Di satu titik lokasi bencana longsor, tepatnya di Desa Girijaya, Kecamatan Bojongasih, longsor menyebabkan jalan desa yang menghubungkan dua kecamatan putus total. Tim di lapangan mengalami kesulitan untuk melakukan evakuasi karena minimnya peralatan untuk membersihkan material longsor.

"Longsor juga terjadi di Kecamatan Cipatujah, Culamega, Karangnunggal, dan Parungponteng. Sementara itu, bencana pergerakan tanah terjadi di Kecamatan Culamega, sedangkan banjir terjadi di Kecamatan Bantarkalong, Cipatujah, Culamega, Bojongasih, dan Karangnunggal," ungkapnya.

Untuk bencana banjir, kata Irwan, sempat terjadi di lima kecamatan. Namun saat ini kondisinya sudah surut dan jalanan yang tergenang telah dapat dilalui kendaraan.

BPBD Tasikmalaya masih melakukan pendataan terkait warga dan permukiman yang terdampak bencana. "Sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian bencana. Laporan sementara, ada tiga rumah di Culamega tertimpa tiang listrik, karena tiang listriknya bergeser akibat pergerakan tanah. Tapi hanya rusak ringan," tutup Irwan. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini