17 Karung Berisi APD Bekas Dibuang di Sawah, Sekda Bogor Murka

Selasa, 2 Februari 2021 19:33 Reporter : Rasyid Ali
17 Karung Berisi APD Bekas Dibuang di Sawah, Sekda Bogor Murka 17 Karung Berisi APD Bekas Dibuang di Sawah. ©2021 Merdeka.com/Rasyid Ali

Merdeka.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin kesal dengan ditemukannya 17 karung berisi Alat Pelindung Diri (APD) bekas, dibuang di hamparan sawah, Kecamatan Tenjo, Selasa (2/2).

Menurut Burhan, sampah APD termasuk golongan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) sesuai Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Imbah dari rumah sakit saja tidak boleh sembarangan dibuang karena tergolong limbah B3. Harus dicari sumbernya dari mana untuk ditindaklanjuti," kata Burhanudin yang langsung menelpon Camat Tenjo, Kurnia Indra.

Sementara Camat Tenjo, Kurnia Indra mengaku telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk mendatangi lokasi pembuangan. Setelah diperiksa, karung-karung itu berisikan masker dan baju hazmat.

"Sudah datang ke lokasi Polsek, Koramil dan Puskesmas. Sudah diambil sampel barang bukti untuk ditindak lanjuti. Sementara yang lainnya kami musnahkan supaya tidak disalah gunakan," kata Indra. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini