1.600 Liter BBM Bersubsidi Gagal Diselundupkan ke Timor Leste

Selasa, 6 Desember 2022 21:00 Reporter : Fikri Faqih
1.600 Liter BBM Bersubsidi Gagal Diselundupkan ke Timor Leste Garis polisi. ©2021 Merdeka.com/bram salam

Merdeka.com - Satuan Tugas Pamtas Ri-RDTL Sektor Timor Yonif 744/SYB menggagalkan 1.600 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis minyak tanah yang diduga akan diselundupkan ke Timor Leste.

“Lokasi penggagalan pengiriman sejumlah BBM jenis minyak tanah itu dilakukan di bibir pantai Sukalaran, Atapupu, Belu, NTT,” kata Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB, Letkol Inf Yudhi Yahya saat dihubungi dari Kupang, Selasa (6/12).

Sejumlah minyak tanah yang dimasukkan ke dalam jeriken berukuran 20 liter itu, terlihat tersusun rapi di pinggir pantai, saat personel Satgas Pamtas lakukan patroli rutin di daerah itu.

Personel yang bertugas kemudian mendekati sejumlah tumpukan jeriken itu dan diketahui berisi BBM jenis minyak tanah saat dilakukan pengecekan.

“Ada kurang lebih 72 jeriken isi BBM jenis minyak tanah yang disusun di lokasi ditemukan itu,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Namun saat ditemukan, Yudhi menambahkan, sesuai laporan dari anggota Pos Koki Mota Ain tak ada warga atau pemilik dari BBM jenis minyak tanah tersebut.

Lebih lanjut, kata dia, tugas pokok dari Satgas Pamtas selain menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI, termasuk juga menjaga dari setiap bentuk pelanggaran.

“Baik itu pelanggaran yang dilakukan oleh negara Indonesia, maupun warga negara tetangga,” ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Yudhi menjelaskan, lokasi ditemukannya BBM jenis minyak tanah itu memang sering menjadi lokasi atau jalur penyeludupan berbagai barang.

Sehingga pihaknya selalu memantau lokasi itu, dengan siaga dan waspada. Pihaknya akan terus meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan skala patroli.

“Hal ini agar upaya-upaya penyelundupan barang tidak terjadi lagi,” tutupnya.



Baca juga:
Polisi Bongkar Lokasi Penimbunan Solar di Sumatera Selatan
Polisi Gerebek Tempat Pengoplos Solar, Empat Pelaku Diamankan
Timbun 31.000 Liter Solar, Empat Warga Probolinggo Terancam Hukuman Berat
Diduga Pengetap BBM, Mobil Terbakar di SPBU
Pemilik Gudang BBM Ilegal yang Terbakar di Ogan Ilir Menyerahkan Diri
Kapolda Sumsel: Polisi Terlibat BBM Ilegal akan Dipecat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini