16 Orang Korban Longsor di Sumedang Berhasil Dievakuasi

Selasa, 12 Januari 2021 17:00 Reporter : Aksara Bebey
16 Orang Korban Longsor di Sumedang Berhasil Dievakuasi Longsor Cimanggung Sumedang. ©2021 bandung.basarnas.go.id/editorial Merdeka.com

Merdeka.com - Petugas sejauh ini berhasil mengevakuasi 16 korban meninggal akibat longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Proses pencarian terus berlanjut karena diprediksi ada puluhan orang hilang tertimbun material longsor.

Kepala BPBD Jabar Dani Ramdan mengatakan 16 orang jenazah tersebut merupakan hasil pencarian korban yang dilakukan sejak Sabtu (9/1). Selain korban jiwa, ia mencatat ada 14 orang yang luka ringan dan 4 orang luka berat.

"Sampai tadi malam jam 24.00 WIB, total kita sudah menemukan korban meninggal dunia itu 16 orang. Petugas masih mencari 24 korban yang dilaporkan oleh keluarganya hilang dan perkiraan kita itu tertimbun di lokasi," kata dia, Selasa (12/1).

Proses pencarian secara umum berjalan lancar. Beberapa kendala yang ditemui di lapangan adalah cuaca yang kerap hujan dan akses yang tidak bisa dilalui kendaraan berat. Hal itu membuat petugas meningkatkan kewaspadaan adanya kemungkinan longsor susulan.

Meski demikian, material longsor sudah berhasil dibenahi dan mulai menipis. Ia berharap hal itu bisa membuat proses pencarian korban lain lebih mudah dan cepat.

"Kemarin kita lebih banyak mengurangi material kan itu tebal sekali timbunannya,"terang dia.

Data yang berhasil dihimpun dari Kantor Pencarian dan Penyelamatan, ada 900 orang dari berbagai unsur yang terlibat dalam proses pencarian korban longsor.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang Herman Suryatman mengaku menerima laporan bahwa ada delapan orang dalam dua rumah yang turut tertimbun longsor.

"Awal itu informasinya ada 14 rumah yang tertimbun, dua (rumah) di antaranya disinyalir ada isinya delapan orang," kata Herman singkat. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanah Longsor
  3. Sumedang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini