155 Santri di Polewali Mandar Positif Covid-19, Banyak yang Tanpa Gejala

Minggu, 8 November 2020 17:37 Reporter : Ahmad Udin
155 Santri di Polewali Mandar Positif Covid-19, Banyak yang Tanpa Gejala Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Sebanyak 155 santri pondok pesantren Hasan Yamani, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat terkonfirmasi positif Covid-19. Ratusan santri tersebut kini menjalani isolasi mandiri di pesantren.

"Sekitar 155 santri kami positif Covid-19, dengan rincian 122 santri dan 33 orang santriwati," kata Pimpinan pondok pesantren, Fahri Tajuddin kepada merdeka.com, Minggu (8/11).

Ketika disinggung soal kondisi kesehatan santri saat ini, menurutnya mereka dalam kondisi sehat tanpa gejala. Dia membantah soal informasi yang beredar di media sosial bahwa salah seorang santri di pondok pesantren tersebut ada yang meninggal dunia.

Sedangkan proses belajar mengajar saat ini via daring, karena pengajar tidak memungkinkan menemui santri terlebih santri yang positif Covid-19.

Sementara itu kepala puskesmas Campalagian, Ramlah, mengatakan secara keseluruhan kondisi santri dalam keadaan baik, hanya sebagian kecil saja yang bergejala, itupun gejala ringan.

"Alhamdulillah secara keseluruhan kondisinya baik, walaupun ada yang bergejala hanya sebagian kecil saja," ujarnya.

Awal mula diketahui adanya santri yang terkena Covid-19, beberapa hari sebelumnya seorang santri ke Puskesmas untuk berobat karena indra penciuman tidak berfungsi. Pihak puskesmas melakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan swab dan hasilnya pun positif.

Pihak puskesmas melakukan swab massal terhadap sekitar 600 santri dan hasilnya keluar secara bertahap, di hari pertama keluar 72 orang. Dan di hari kedua keluar 83 orang dan hari ini masih menunggu Sekitar 80 orang, adapun santri yang hasil swab negatif dipulangkan untuk menghindari penularan. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini