149 Rumah di Bekasi Utara Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sabtu, 24 Oktober 2020 11:20 Reporter : Adi Nugroho
149 Rumah di Bekasi Utara Rusak Diterjang Angin Puting Beliung Puting Beliung Melanda Bekasi. ©2020 Merdeka.com/Adi Nugroho

Merdeka.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada 149 rumah mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung yang melanda wilayah setempat pada Jumat (23/10) pukul 13.30 WIB.

"Jenis kerusakannya baik itu ringan, sedang, hingga berat, masih disamakan persepsinya bersama dengan instansi lain," kata Koordinator Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono ketika dihubungi, Sabtu (24/10).

Ia mengatakan, lokasi terdampak berada di RW 06 dan 07 Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara. Menurut dia, mayoritas kerusakan rumah yaitu atapnya jebol akibat disapu angin puting beliung.

Ia mengatakan, instansinya telah mendirikan tenda pengungsian di depan kantor kelurahan setelah peristiwa terjangan angin puting beliung kemarin. Kapasitasnya bisa menampung puluhan orang.

"Pengungsi ada, tapi mereka memanfaatkan fasilitas umum dan rumah tetangganya. Ada juga yang sudah kembali ke rumah setelah atapnya ditutup," kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya bersama dengan Dinas Sosial Kota Bekasi juga telah menyalurkan bantuan kepada korban banjir. Sampai sekarang, kata dia, instansi yang berkompeten masih berada di lokasi untuk memulihkan pasca bencana.

"Ada yang roboh, cuma bukan rumah tapi tempat barang bekas, bangunannya juga semi permanen," kata dia.

Sementara itu, angin puting beliung di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi merusak sedikitnya 68 rumah di Desa Babelan Kota dan Kelurahan Bahagia. Kerusakan mayoritas atapnya berjatuhan. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Angin Puting Beliung
  3. Bekasi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini