14 Tahanan Polresta Jayapura Kabur, 13 Petugas Jaga Diperiksa Propam

Kamis, 19 November 2020 07:32 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
14 Tahanan Polresta Jayapura Kabur, 13 Petugas Jaga Diperiksa Propam Ilustrasi Penjara. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - 14 Tahanan Polresta Jayapura kabur setelah membobol jendela ruang tahanan di lantai dua, Selasa (17/11) dini hari. 14 tahanan itu kabur setelah membobol jendela dan keluar melewati gerbang utama Polresta Jayapura.

"Anggota masih melakukan pencarian terhadap para tahanan yang kabur itu," kata Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas, di Jayapura, Rabu (18/11).

Dia menjelaskan, 13 dari 30 anggota yang bertugas saat itu sudah diperiksa propam terkait 14 tahanan kabur tersebut. Kaburnya 14 tahanan itu merupakan kelalaian dari personel yang bertugas, baik itu fungsi piket jaga tahanan, piket markas, dan fungsi lainnya.

Insiden itu terjadi karena kelalaian petugas yang piket saat itu, kata Gustav, seraya menambahkan saat ini sudah membentuk tim untuk melakukan pengejaran terhadap para tahanan.

Berdasarkan pantauan CCTV terungkap upaya pelarian itu dilakukan antara pukul 02.20 WIT hingga pukul 03.07 WIT, dan dilakukan secara bertahap hingga tidak menimbulkan kecurigaan petugas di ruang piket utama.

Aksi tersebut baru diketahui saat empat tahanan yang berupaya kabur diketahui petugas piket hingga dihentikan, namun mereka berhasil melarikan diri ke arah pertokoan yang berada di samping Mapolresta Jayapura Kota.

"Sebanyak 14 tahanan yang kabur terdiri dari tahanan kasus narkoba dan reskrim masing-masing tiga orang, dan delapan orang tahanan titipan jaksa," ujar AKBP Urbinas. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini