14 Orang diciduk KPK di Lampung Tengah dari DPRD, pejabat Pemkab dan pihak swasta

Kamis, 15 Februari 2018 06:34 Reporter : Hari Ariyanti, Muhamad Agil Aliansyah
Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 14 orang dalam operasi tangkap tangan di Lampung Tengah dan Jakarta. Ke-14 orang itu terdiri dari anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah, pejabat Pemerintah Daerah Lampung Tengah, dan ada juga pihak swasta.

"Jadi, kami konfirmasi memang ada kegiatan tim di lapangan di Lampung dan di Jakarta. Kami amankan totalnya 14 orang, ada yang di Lampung ada yang di Jakarta," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (15/2) dini hari.

Selain itu, kata dia, lembaganya juga mengamankan sekitar Rp 1 miliar dalam OTT di Lampung Tengah itu. Uang itu ditemukan dalam kardus.

"Kami temukan uang di kardus dengan pecahannya 50 ribu dan 100 ribu rupiah dengan total sekitar Rp 1 miliar," ungkap Febri.

Dia mengatakan, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap 14 orang yang diamankan itu. Untuk yang diamankan di Lampung akan diperiksa di kantor polisi setempat, sedangkan yang diamankan di Jakarta langsung dibawa ke kantor KPK.

"Anggota DPRD yang di Lampung dibawa ke kantor polisi, kalau yang diamankan di Jakarta kami bawa ke kantor KPK," ujar Febri.

Febri menegaskan, bahwa belum ada unsur kepala daerah yang diamankan dalam OTT itu. Namun Febri belum menjelaskan terkait dugaan kasus yang membelit pihak swasta dan Anggota DPRD ini.

"Tidak ada kepala daerah yang ditangkap di OTT. Jadi, masih (anggota) DPRD. DPRD diamankan di Jakarta dan Lampung. Kemudian ada pegawai dan pejabat Pemkab Lampung Tengah dan ada pihak swasta. Sampai saat ini tim masih di lapangan," tandasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. KPK
  2. Operasi Tangkap Tangan KPK
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini