120 Pengungsi Kerusuhan Wamena Tiba di Lanud Malang

Rabu, 2 Oktober 2019 17:43 Reporter : Darmadi Sasongko
120 Pengungsi Kerusuhan Wamena Tiba di Lanud Malang 120 Pengungsi Kerusuhan Wamena Tiba di Lanud Malang. ©2019 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Sebanyak 120 Orang pengungsi kerusuhan di Wamena, Papua tiba di Malang. Pengungsi terdiri dari 105 orang dewasa dan 15 orang anak-anak mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang.

Para pengungsi diangkut pesawat Hercules C-130 dengan nomor lambung A-1305. Mereka disambut oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Begitu pesawat mendarat, para pengungsi diarahkan menuju tempat yang sudah disediakan. Tampak di antara mereka melakukan sujud syukur setelah menuruni pintu belakang pesawat.

Seorang warga juga terlihat harus menggunakan kursi roda dan mendapat perawatan sesaat sebelum dibawa dengan ambulance. Di antara pengungsi yang datang terlihat lusuh dan kelelahan karena perjalanan.

Sesaat mereka beristirahat sambil sekadar minum air, sebelum menuju dua bus yang disediakan. Para pengungsi selanjutnya akan dibawa ke Kantor Bakorwil di Jalan Jakarta Kota Malang, untuk dihubungkan dengan keluarganya di kota masing-masing.

"Tidak usah khawatir nanti diantarkan sampai di rumah, sekarang yang penting ditenangkan hatinya, istirahat dulu," kata Khofifah, Rabu (2/10).

Khofifah tampak menggendong seorang anak dan berkeliling bersalaman dengan para pengungsi. Suaranya tampak parau menahan haru, sambil terus mengulurkan tangannya bersalaman.

Para pengungsi rata-rata berasal dari Lumajang, Pasuruan, Bangkalan, Sumenep. Tidak hanya dari Jawa Timur, seorang pengungsi dengan dua anak balitanya juga berasal dari Aceh.

"Yang penting selamat dulu dari sana. Saya sempat dikejar dan lari ke Polres. Semua orang berkumpul di Polres, Kodim," kata Surahman, warga Pasuruan.

Para pengungsi selanjutnya menuju Kantor Bakorwil Malang untuk menjalani pendataan. Hingga saat ini para pengungsi masih menjalani pendataan. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini