12 Pemudik asal Denpasar Berencana Menyeberang ke Jawa Menumpang Perahu Nelayan

Rabu, 12 Mei 2021 14:43 Reporter : Moh. Kadafi
12 Pemudik asal Denpasar Berencana Menyeberang ke Jawa Menumpang Perahu Nelayan Petugas mendatangi para pemudik di rumah salah seorang warga.

Merdeka.com - Bermacam upaya dilakukan warga untuk dapat pulang ke kampung halamannya di tengah pemberlakuan larangan mudik. Di Buleleng, Bali, misalnya, 12 pemudik asal Denpasar ketahuan merencanakan perjalanan ke Pulau Jawa menumpang perahu nelayan.

Perjalanan melalui jalur tikus itu dicegah petugas Polres Buleleng, Bali. Mereka diperintahkan kembali ke Denpasar.

Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya mengatakan, rencana perjalanan ke-12 orang itu terbongkar setelah pihaknya mendapatkan informasi adanya penampungan warga masyarakat atau pemudik di rumah milik warga bernama Samsuri alias Suri di Banjar Dinas Teluk Terima, Desa Sumberkelampok, Buleleng.

"Iya, (mereka dilaporkan) akan mudik melalui jalur tikus penyeberangan dengan perahu dengan tujuan ke Pulau Jawa, Satuan Pol Air Polres Buleleng yang bertugas di Pos Teluk Terima didampingi Bhabinkamtibmas langsung mendatangi rumah Samsuri," kata Sumarjaya, Rabu (12/5) sore.

Para pemudik diketahui berkumpul di rumah Samsuri sejak Selasa (11/5) sekitar pukul 20.30 Wita. Jumlahnya 12 orang, terdiri dari 10 orang dewasa dan 2 orang anak-anak serta 5 sepeda motor.

"Ke-12 orang tersebut akan melaksanakan mudik ke Jawa yang rencananya menyeberang dengan menggunakan perahu," imbuh Sumarjaya.

Pihak kepolisian kemudian melakukan pendekatan persuasif dan humanis dan meminta mereka menunda mudik bahkan tidak mudik. Hal itu sesuai surat edaran Satgas Covid-19 dan Bupati Buleleng.

Para pemudik ini disuruh untuk kembali ke Denpasar dan membatalkan niatnya mudik. Semua menurut.

"Mereka mau mudik pakai perahu nelayan dan tidak melalui dermaga, melalui pelabuhan rakyat dan mau ke Jawa. Pengakuan (Samsuri) tidak dibayar hanya membantu. Tidak ada penindakan kepada Samsuri, hanya teguran agar tidak lagi membantu orang mudik," jelas Sumarjaya. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini