11 Ribu Relawan Jokowi akan Hadiri Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo

Senin, 5 Desember 2022 13:56 Reporter : Purnomo Edi, Arie Sunaryo
11 Ribu Relawan Jokowi akan Hadiri Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Puluhan ribu rewalan Joko Widodo (Jokowi) akan hadir di acara tasyakuran ngunduh mantu Kaesang-Erina, Minggu (11/12) di Solo. Salah seorang pengurus Relawan Jokowi, Kwat Hermawan membenarkan hal tersebut.

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 11.420 relawan Jokowi yang akan datang ke Kota Bengawan. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah hingga mendekati hari H, Minggu (11/12).

"Data kami sampai hari ini ada sekitar 11.420 relawan Jokowi dari seluruh Indonesia yang akan hadir ke Solo," ujar Kwat saat dihubungi, Senin (5/12).

Dia mengatakan para relawan diperkirakan akan mulai masuk ke Kota Solo pada H-1 atau sebelum acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran.

"Mungkin mereka nati mulai datang hari Sabtu. Mereka cuma satu hari di Solo. Mobilisasinya menurut rundown terakhir akan ditempatkan di Pamedan Mangkunegaran," jelas dia.

Kwat menambahkan, para relawan ini hadir ke Solo atas inisiatif sendiri. Mereka juga hadir bukan karena mendapatkan undangan.

"Pak Jokowi dua kali ngunduh mantu, mas Gibran dan Kaesang, mereka bersolidaritas hadir," tandasnya.

Ditambahkan Kwat, ada sekitar 5.000 relawan yang akan menginap di Asrama Haji Donohudan (AHD) Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

“Para relawan akan datang pada tanggal 10 Desember 2022 pagi hingga 11 Desember 2022,” terang Kepala Unit Pengelola Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto.

2 dari 2 halaman

Personal Penjagaan Akad di DIY

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono tinggal menghitung hari. Akad nikah keduanya akan digelar di Pendopo Royal Ambarukmo, Sabtu (10/12) mendatang.

Untuk pengamanan, Polda DIY menyiapkan kurang lebih 500 personel. Personel ini akan ditempatkan di lokasi akad nikah hingga di rumah Erina Gudono.

Wakapolda DIY Brigjen Pol Slamet Santosa mengatakan jumlah personel itu memang tidak secara khusus untuk kegiatan tertentu di pernikahan Kaesang-Erina. Tetapi personel disiapkan secara menyeluruh untuk pengamanan.

"Enggak ada (pengamanan) khusus. Jadi pengamanan kita keseluruhan dari semua kegiatan. Berkisar 400-500 orang. Semuanya, dari Ambarukmo sampai rumah," kata Slamet, Senin (5/12).

"Jadi rangkaiankan ada mulai dari kediaman, Ambarukmo dan tamu-tamu lainnya termasuk kebutuhan masyarakat lainnya. Itu ada beberapa. Kita perkirakan sejumlah itu," sambung Slamet.

Terkait rekayasa lalulintas saat akad nikah Kaesang-Erina, Slamet membeberkan jika arus lalulintas akan sama seperti saat akhir pekan pada umumnya.

"Kita prinsipnya mengamankan seluruh wilayah DIY. Dalam hal ini kita terbiasa selama weekend, Jumat, Sabtu, Minggu. Cuma nanti kita perkuat ditiap-tiap jalur," ungkap Slamet.

[ray]

Baca juga:
Tamu Pernikahan Kaesang-Erina Diminta Tak Bawa Sumbangan Dalam Bentuk Apapun
Momen Gibran Ajak Wartawan Makan Sebelum Wawancara Ini Viral, Intip Potretnya
Jokowi: Warga DIY-Solo, Saya Minta Maaf Pernikahan Kaesang-Erina Ganggu Lalu Lintas
Canda Jokowi Ditanya Kaesang Tak Hadiri Rapat Panitia Pernikahan: Dipingit
Presiden Jokowi Sebut Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina 99 Persen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini