11 Pejabat Kota Solo akan Disuntik Vaksin Sinovac, Wali Kota FX Rudy Tidak Termasuk

Rabu, 13 Januari 2021 02:29 Reporter : Arie Sunaryo
11 Pejabat Kota Solo akan Disuntik Vaksin Sinovac, Wali Kota FX Rudy Tidak Termasuk Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo usir saksi Bajo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebelum dibagikan kepada tenaga kesehatan (nakes), Vaksin Sinovac terlebih dahulu akan disuntikkan kepada 11 perwakilan Muspida Kota Solo. Namun 11 perwakilan tersebut tidak termasuk Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Rudy, sapaan akrab walikota, tidak termasuk dalam rentan usia yang boleh divaksinasi.

"Yang pertama yang akan mendapatkan vaksin besok itu Kapolres, Ketua DPRD, Dandim. Ada 11 orang namun saya dan Pak Pur (Wakil Wali Kota Solo) tidak termasuk, usianya tidak masuk," ujar Rudy disela memantau kedatangan Vaksin Sinovac di gudang obat DKK, Laweyan, Selasa (12/1).

Menurut Rudy, rentan usia penerima vaksin Sinovac mulai dari 18 hingga 59 tahun. Sementara itu, pemerintah sendiri membagi empat tahap penerima vaksin, yakni tahap pertama difokuskan untuk tenaga kesehatan dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021, tahap kedua ditujukan untuk TNI/Polri, petugas pelayanan publik dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021.

Sedangkan, tahap ketiga ditujukan untuk masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022. Dan terakhir vaksin baru dibagikan kepada masyarakat dan pelaku perekonomian dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih menambahkan, pelaksanaan pemberian vaksin akan dimulai Kamis (14/1) secara berurutan sesuai dengan data nakes dari DKK. Para nakes yang dari di 33 faskes baik Puskesmas maupun Rumah Sakit akan menerima SMS (short message system) blast yang menunjukkan jadwal vaksinasi akan dilakukan.

"Nanti akan dapat SMS blast dari SMS itu semua tidak prioritas Puskesmas atau rumah sakit semua prioritas," terangnya.

Siti mengimbau masyarakat untuk bersabar menerima jadwal pelaksanaan vaksin. Pasalnya semua masyarakat sudah didata dan vaksinasi akan dilakukan dalam empat tahap. Ia menambahkan, pelaksanaan pemberian vaksin Sinovac tersebut gratis tidak dipungut biaya.

Sebanyak 10.609 Vaksin Sinovac Selasa (12/1) pukul 18.35 WIB, tiba di Kota Solo. Vaksin dikirim dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan pengawalan ketat kepolisian via tol Semarang-Solo.

Pantauan merdeka.com di lokasi, ada 4 mobil kepolisian yang mengawal satu mobil berisi vaksin dan satu mobil ambulans. Vaksin Sinovac dikirim ke gudang obat milik Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo yang ada di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan. Sesampai di gudang obat, vaksin langsung disimpan dalam sebuah freezer.

"Yang datang hari ini ada 10.609 dan nanti akan kita pakai tanggal 14 dan selanjutnya," ujar Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih kepada wartawan di lokasi.

Baca Selanjutnya: Rudy Ingatkan agar Tetap Prioritaskan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini