10 Nama Capim KPK, Mahfud Md Nilai Jokowi dan Pansel Sudah Tampung Aspirasi Publik

Selasa, 3 September 2019 15:13 Reporter : Merdeka
10 Nama Capim KPK, Mahfud Md Nilai Jokowi dan Pansel Sudah Tampung Aspirasi Publik Aksi solidaritas kawal Pansel KPK. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Pansel KPK menjadi sorotan dengan hasil 10 nama capim KPK yang dinilai masih meloloskan capim yang bermasalah. Menanggapi hal tersebut, Ahli hukum tata negara Prof Mahfud MD menilai proses seleksi calon pemimpin KPK sudah berjalan sesuai prosedur.

"Secara prosedural kan sudah dipenuhi. Dan sebagai warga negara, kita harus ikuti prosedur itu, presiden sudah menerima laporan yang diberikan berdasarkan mandat," kata Mahfud di Gedung BPIP, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Mahfud menilai presiden dan pansel sudah cukup menampung aspirasi atau masukan dari masyarakat, termasuk masukan terkait adanya capim bermasalah akan rekam jejak.

"Menurut saya, presiden maupun pansel itu sudah cukup menampung aspirasi, ya tidak semua aspirasi-aspirasi itu dikabulkan semua, tapi sudah cukup menampung nama-nama yg dianggap bermasalah ya sudah tidak, Ya sudah banyak yang keluar (gugur)," ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, publik tinggal mendesak DPR agar memilih capim yang terbaik. "Ya sudah kita tinggal tunggu, tinggal ke DPR berikutnya, kita desak DPR biar liat track record masing-masing orang kalau ingin memperbaiki KPK itu seperti apa memilihnya," katanya.

Anggota Dewan Pengarah BPIP itu menilai, masih ada capim yang lolos 10 besar itu memiliki kualitas dan rekam jejak yang baik.

"Kan di situ sudah banyak, yang jaksa ada, yang bagus akademisi di situ ada Nurul Ghufron itu juga bagus, dan lain-lain juga banyak yang bagus," ujarnya

"Nanti dalam pikiran saya, ada jaksa ada polisi, ada akademisi, ada KPK lama, ada mungkin hakim/pengacara gitu, mungkin unsur perempuan atau apa," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Siapa Layak Pimpin KPK? Klik disini [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini