10 Nama Capim KPK Ibarat Buah Simalakama Buat Jokowi

Selasa, 3 September 2019 12:31 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
10 Nama Capim KPK Ibarat Buah Simalakama Buat Jokowi Koalisi Masyarakat Sipil Minta Jokowi Coret Capim KPK Bermasalah. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - 10 Nama Calon Pimpinan KPK telah ditangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun Jokowi menegaskan, tak terburu-buru untuk segera menyerahkan nama dari seleksi Pansel Capim KPK itu ke DPR untuk di uji kompetensi.

Ketua YLBHI, M Isnur mengatakan, 10 nama hasil seleksi Pansel Capim KPK seperti buah simalakama. Meski tak mau blak-blakan, dia mengatakan, nama-nama yang ada di kantong Jokowi terlalu sempit untuk dipilih.

"Ini semacam buah simalakama, 10 nama yang dihasilkan melalui proses seleksi yang tidak maksimum, banyak konflik kepentingan. 10 Nama yang disajikan terlalu sempit untuk memilih," jelas Isnur saat dihubungi merdeka.com, Selasa (3/9).

Isnur juga menjelaskan, dari 10 nama capim tersebut, ada beberapa nama yang menjadi sorotan. Salah satunya, orang yang pernah menjabat di KPK dan pernah melanggar etik.

"Karena (nama-nama) itu rata-rata penuh catatan, ada calon yang menurut KPK dia pernah di KPK melanggar etik selama menjabat jadi pejabat KPK. Bahkan dipertegas bukan hanya oleh Jubir, tapi Pak Agus (Rahardjo) benarkan bahwa betul dia bermasalah, tapi lolos jadi Capim, ada di 10 nama itu," kata Isnur.

Berikutnya, salah satu Capim KPK yakni Roby Arya Brata. Menurut Isnur, justru statemen Roby yang melanggar hukum. Dalam uji publik, Roby tak ingin mengusut dugaan korupsi di institusi Polri dan Kejaksaan.

"Ini melanggar UU, melanggar tujuan berdirinya KPK, masih lolos terus. Ini bermasalah," lanjut dia.

"Saya pikir Pak Jokowi harus berpikir, out of the box, dia harus beyond, dari 10 nama, jadi kira-kira pansel ini bermasalah, Pak Jokowi harus bisa kocok ulang," tambah dia lagi.

Isnur meminta, Jokowi memanggil sejumlah elemen masyarakat yang konsen dalam pemberantasan korupsi. Termasuk memanggil KPK, untuk meminta masukan terhadap latar belakang 10 calon pimpinan KPK.

"Minta saja masukan dari KPK, KPK telah melakukan tracking terhadap 40 calon waktu itu. Karena KPK fokus di isu antikorupsi, kalau memang calonnya tidak mumpuni, harus dilakukan tindakan ekstra untuk mendapatkan capim yang lebih baik, saya pikir penting, dibanding kita terjebak 10 nama," tegas dia.

Berikut 10 nama capim KPK yang lolos seleksi:

1 Wakil Ketua KPK Alexander Marwata

2 Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri

3 Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Wara

4 Jaksa, Johanis Tanak

5 Advokat, Lili Pintauli Siregar

6 Dosen, Luthfi Jayadi Kurniawan

7 Hakim, Nawawi Pamolango

8 Dosen, Nurul Ghufron

9 PNS Sekretaris Kabinet, Robi Arya

10 PNS Kementerian Keuangan, Sigit Danang Joyo.

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Siapa Layak Pimpin KPK? Klik disini [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini